Cara Membuat Grafik di Ms. Word 2013

Cara Membuat Grafik di Mes. Word 2013







Grafik merupakan Output dan sajian dari data yang ditampilkan dalam bentuk visual sehingga lebih mudah dipahami.
kita juga dapat membuat visual grafik ini menggunakan Ms. Word 2013, cara nya ikuti langkah berikut :

1. klik menu "Insert" lalu pilih dan klik menu "Chart" maka akan tampil panel "Insert Chart" seperti berikut :


2. kemudian anda dapat memilih style atau bentuk grafik yang anda inginkan
catatan :
Style atau bentuk grafik tidak semuanya mendukung jenis atau bentuk data yang akan anda buat, maka pilihlah grafik yang mendukung dan sesuai dengan item - item data yang akan anda buat. sebagai contoh untuk data yang sederhana, pilih style "Clustered Coloumn"

3. Jika anda telah memilih bentuk grafiknya, klik "OK" di kanan bawah, maka akan ditampilkan tabel seperti di Ms. Excell secara


4. Sekarang anda dapat menyesuaikan tabel default yang disajikan dengan data yang akan anda buat, misalnya anda akan membuat tabel data jumlah peserta kursus. maka kolom "Category" dapat anda isi dengan tahun, misalnya 2009, 2010, 2011 dst. kemudian "Series" dapat anda ganti dengan jenis kelamin, misalnya laki-laki dan perempuan. lalu anda dapat merubah angka jumlahnya sesuai dengan data anda. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

jika "Series 3" tidak terpakai (karena dalam data ini hanya ada dua item yaitu laki-laki dan perempuan) maka 'Series 3" dapat dihapus dengan cara klik kanan pada kolom "Series 3" (pada huruf D jika seperti gambar di atas) lalu pilih dan klik "Delete" maka kolom "Series 3" yang tidak terpakai akan dihapus

anda dapat meubah angka sesuai dengan data anda, dan grafik nya akan ditampilkan langsung dan terlihat peubahan tinggi rendahnya angka.

jika sudah selesai dengan datanya, silahkan tutup panel datanya dan sekarang anda dapat mengedit grafik sesuai dengan yang anda inginkan.

hasilnya kira-kira akan seperti ini


jika ingin mengedit data, klik kanan pada grafik yang telah dibuat, lalu pilih "Edit Data" kemudian klik "Edit Data". maka panel tabel datanya akan ditampilkan.

sekarang anda dapat mengubah judul grafik sesuai dengan  data anda

untuk masalah manajemen grafik selengkapnya akan saya bahas pada postingan berikutnya

Semoga bermanfaan dan selamat mencoba

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post