Manajemen Grafik di Ms. Word

Manajemen Grafik

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat grafik di ms. word 2013, sekarang saya akan menjelaskan bagai mana caranya memanajemen grafik agar terlihat lebih bagus dan menampilkan data sesuai yang diinginkan, bak tanpa panjang lebar ikuti langkah berikut ini.

berikut grafik yang sudah kita buat pada artikel sebelumnya, jika anda belum tahu cara membuat grafik, silahkan baca di sini

1. Mengubah Design Grafik
kita dapat mengubah design tampilan grafik sesuai dengan yang kita inginkan, ikuti langkah berikut :
a. klik terlebih dahulu grafik yang sudah dibuat sebelumnya

b. Klik menu Design di tab menu bar

b. maka akan ditampilkan panel design grafik seperti berikut
untuk menampilkan lebih banyak design dapat dengan cara klik pada panah yang menghadap ke bawah di sebelah kanan panel

c. geser pointer mouse ke setiap design yang ditampilkan, maka aka ada preview di layar kerja sesuai dengan design yang ditunjukkan.

d. jika sudah cocok dengan yang anda inginkan, klik pada design yang akan dipilih, maka tampilan grafik pada layar kerja akan berubah design nya sesuai dengan design yang dipilih, misalnya seperti gambar berikut.


2. Menambah Chart Element
Kita juga dapat menambah element-element pelengkap pada grafik sehingga lebih memudahkan siapapun yang membaca grafik, ikuti langkah berikut :

a. Klik pada grafik

b. Pilih dan klik lambang "+" (Chart Element) yang muncul di sisi kanan grafik
c. silahkan centang element grafik yang ingin ditambahkan misalnya axis titles, Data Label, Data Table dan lain-lain
d. sekarang kita ubah judul axis nya menjadi nama sesuai denagn data yang ditampilkan, dalam grafik yang kita buat ini kita ubah namanya menjadi "Jumlah Peserta" dengan cara klik pada text exis title lalu ganti text nya menjadi "Jumlah Peserta"

e. Ganti Axis Title yang dibawah tabel dengan "Jenis Kelamin" karena data yang ditampilkan dalam bentuk balok adalah data jenis kelamin, maka grafik akan menjadi seperti berikut :
3. Axis Option
Kita juga dapat melakukan pengaturan terhadap range angka yang ditampilkan pada grafik yaitu dengan mengedit axis option, ikuti langkah berikut

a. klik pada range angka axis (Jumlah Peserta)

b. klik kanan lalu pilih dan klik Axis Option

c. maka akan ditampilkan panel Axis Option di sebelah kanan layar komputer

d. 
keterangan :
1. minimum merupakan angka vertikan yang paling rendah yang akan ditampilkan, secara otomatis dimulai dari "0", jika anda ingin merubahnya silahkan.

2. Maximum adalah angka vertika yang paling tinggi yang ditampilkan, secara otomatis, grafik akan menyesuaikan dengan angka yang paling tinggi pada tabel data grafik, dalam contoh yang kita buat adalah "300", jika ingin merubahnya silahkan

3. Unit Major adalah range jarak antar data yang ditampikan, jika ingin merubahnya silahkan

4. Unit Minor adalah range data terkecil yang digunakan untuk membantu memudahkan pembacaan data yang jumahnya diantara range major

inilah manajemen grafik yang penting dipahami dalam membuat grafik yang mudah dipahami dan tampak professional, sebenarnya sangat banyak pengaturan dan manajemen yang dapat dilakukan, silahkan coba sendiri berlandaskan dasar manajemen yang sudah saya paparkan di atas, sangat banyak menu yang bisa anda coba untuk memanajemen grafik anda, namun yang saya paparkan di atas adalah dasarnya, dengan dasar tersebut saya berharap anda dapat melakukan pengayaan sendiri, .

demikian semoga bermanfaat

Selamt Mencoba

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post