Cara Menggunakan rumus di ms. Office Word 2013



Postingan kali ini saya akan berbagi tentang cara menggunakan rumus pada data tabel di ms. office word 2013, kebanyakan orang mengira bahwa pengguanaan rumus (Formula) hanya dapat dibuat di tabel pada ms. office excel, padahal sebenarnya di ms. word juga dapat digunakan rumus untuk penjumlahan, pengurangan, rata-rata, data maksimal, data minimal dan lain sebagainya.

mari kita mulai....
1. Buatkan sebuah tabel lengkap dengan datanya, jika anda belum tahu cara membuat tabel silahkan klik di sini, atau di sini untuk cara memanajemen tabelnya.

2. silahkan buat tabel sederhana seperti berikut


3. Letakkan kursor di kolom di samping "TOTAL" (karena kita akan menjumlahkan total peserta kursus selama 7 tahun) nantinya hasil dari rumus yang kita buat akan ditampilkan sesuai dimana letak kursor berada.

4. Kemudian klik menu "Insert" lalu pilih dan klik menu "Quick Parts"


5. Pilih dan klik "Field" kemudian pilih "=(Formula) di panel "Field Name" kemudian klik 'Formula", maka akan tampil panel formula seperti berikut
6. secara default (otomatis) di textbox formula akan tertulis rumus "=SUM(ABOVE) ini artinya rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan semua data yang berada di atas dari cell tempat kursor yang sedang aktif saat ini.
Dalam kasus ini, karena kita akan menjumlahkan semua data yang berada di atasnya, maka dapat langsung klik tombol "OK"
maka hasilnya seperti pada gambar beikut

 7. untuk mejumlahkan jumlah peserta perempuan, lakukan langkah yang sama
8. untuk menentukan jumlah data maksimal, minimal dan rata-rata per tahun, kita tidak dapat langsung menggunakan rumus "ABOVE" karena akan dihitung semua data yang di atas, maka akan terhitung angkat TOTAL, maksimal, dan minimal. oleh karena itu, misalnya kita akan menentukan jumlah data maksimal untuk jumlah laki-laki, yang akan kita hitung adalah dari data nomor 1 hingga nomor 7, maka kita harus mengganti rumusnya seperti berikut

=max(C2:C8)
Maka hasilnya seperti berikut :
keterangan rumus =max(C2:C8) sebagai berikut :
setiap rumus harus dimulai dengan =
Sum untuk menjumlahkan angka
Max untuk menampilkan data maksimal (angka paling besar dari data yang dipilih)
Min untuk menampilkan data minimal (angka paling besar dari data yang dipilih)
Average untuk menampilkan jumlah rata-rata dari data yang dipilih

dalam penulisa rumus di Ms. word 2013 hampir sama dengan penulisan rumus pada Ms. Excel, hanya saja, di Ms. Word, tidak semudah dan segampang penulisan rumus di Ms. Excel, di Ms. Word kita dipaksakan untuk menghitung sendiri cell, kolom dan baris. misalnya dari tabel di atas, dapat kita tentukan secara manual untuk jumlah laki-laki tahun 2009 yang berjumlah 46 itu berada pada cell C3, kolom paling kiri dihitung sebagai ba kolom pertama, baris paling atas dihitung sebagai baris pertama, demikian selanjutnya.

Jika kita ingin menghitung cell yang tidak berurutan, maka pisahkan antara cell yang satu dengan lainnya dengan "," (tanpa tanda kutip)

Jika terjadi perubahan data, Ms. Word tidak dapat menghitung kembali secara otomatis seperti di Ms. Excel, di Ms. Word jika kita melakukan perubahan pada angka yang telah dihitung dengan rumus sebelumnyua, kita diharuskan me "Refresh" rumus nya, untuk menampilkan hasil yang terupdate. Caranya : 

1. Setelah melakukan perubahan angka pada data yang dihitung, klik kanan pada hasil dari rumus yang sudah dibuat sebelumnya.
maka akan tampil panel seperti ini :



2. Pilih dan Klik "Update Field" maka hasilnya akan berubah seperti gambar di bawah ini
demikian caranya...

catatan :
sangat tidak efektif menggunakan perhitungan data dengan rumus di Ms. Word, karena tidak semudah dan se efektif di Ms. Excel, hanya data-data yang tidak terlalau banyak yang mampu diproses dengan menggunakan rumus di Ms. Word. Disarankan menggunakan Ms. Excell untuk manajemen data perhitungan yang lebih efektif, cepat dan lebih tepat hasilnya.

Demikian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat......

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post