Etika Menelepon

Banyak orang tidak tahu, atau pura-pura ngga tahu, atau mungkin memang ngga mau tahu tentang etika dalam hal komunikasi menggunakan perangkat telepon atau handphone.

Banyak orang salah kaprah dalam menggunakan alat komunikasi dan menghubungi orang yang dituju tanpa memikirkan etika dan tatakrama nya.Etika tidak hanya diperlukan saat bertatap muka dengan orang yang berkomunikasi dengan kita, namun juga dalam hal komunikasi jarak jauh menggunakan perangkat telepon dan HP.Berdasarkan Pengalaman dan cerita teman-teman yang sering menggerutu saat seseorang menghubungi mereka, atau teman-teman yang sering marah-marah gara-gara teleponnya ngga diangkat atau smsnya ngga dibalas, maka saya mencoba merangkum beberapa hal yang menjadi masalah dan etika dalam berkomunikasi menggunakan telepon dan HP.

1. Berbaik Sangka

Sering kita langsung memikirkan hal-hal negatif terhadap orang lain ketika telepon kita ngga diangkat, sms ngga dibalas. Langsung berpikir…”Hmmmm…dasar ga sopan, aku telepon ngga diangkat”, atau “ Memang dia sengaja ngga angkat n balas sms ku” atau “ pasti dia sedang bersenang-senang dengan orang lain”, atau “ udah sombong dia” atau “sok kali dia”, atau “memang dia ngga menghargai ku”, atau “dia pasti lagi selingkuh”. Dan sejuta pikiran dan anggapan negatif lainnya terhadap orang yang kita hubungi itu.Semestinya, kita berpikir yang baik-baik. Karena seseorang yang ngga menjawab telepon kita atau ngga membalas sms kita, ada banyak faktor yang sedang terjadi padanya. Antara lain :
a. Mungkin dia sedang shalat atau sedang di tempat ibadah

b. Mungkin dia sedang khusyu’ berdoa

c. Mungkin dia sedang berbicara hal penting dengan orang lain

d. Mungkin dia sedang berkendara di jalan

e. Mungkin dia sedang mandi

f. Mungkin dia sedang meeting

g. Mungkin dia sedang makan, jadi ngga bisa pegang hp

h. Mungkin dia sedang di ruang si Bos dan sedang diomelin .. hehe…Ji. Mungkin dia sedang tidur

j. Mungkin dia sedang sibuk bekerja

k. Atau…memang dia ngga mau angkat atau balas sms kita..kan hak dia lo, hp dia yang beli, pulsa dia yang ngisi.. J… kecuali kalau kita yang beliin hp nya atau ngisi pulsanya..hehe


2. Perhatikan waktu menelepon


Jangan menelepon saat pas masuk waktu shalat atau waktu beribadah, itu akan mengganggu, mungkin mereka sedang shalat berjamaah, akhirnya terganggu semua jamaah gara-gara suara dering hp nya (jika lupa disilentkan) karena kita menelepon.

Jangan menelepon pada jam 10.00 malam ke atas, itu besar kemungkinan akan mengganggu orang yang akan beristirahat. Jika dirasa sangat penting, sms dulu, utarakan maksud dan kepentingan yang harus dibicarakan, kemudian jika dia berkenan menerima telepon kita, silahkan telepon.

3. Pastikan anda menghubungi nomor yang benar, dan meminta maaf jika salah sambung, jangan malah kita yang marah-marah dengan orang yang salah kita hubungi

4. Jangan marah-marah saat menelepon, karena ngga akan efektif, bicarakan baik-baik jika ada masalah dan lebih baik minta bertemu langsung untuk menyelesaikan masalah

5. Jika tidak dijawab, jangan menelepon lebih dari 2 x berturut-turut, jika 2 x ngga ada jawaban, coba sms dulu dan utarakan maksud kita menelepon, yakinlah nanti dia akan telepon anda kembali

6. Hindari terus-terusan menelepon saat tida ada jawaban, ketahuilah hal ini membuat orang yang kita hubungi jengkel sama kita. Jika memang penting, SMS dulu.

7. Ucapkan salam saat memulai dan mengakhiri pembicaraan

Demikian tips etika menelepon kali ini, jika nanti bertambah lagi pengalaman saya, akan saya posting lagi.

Semoga bermanfaat

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post