10 Media Promosi / Iklan Usaha yang layak anda cob

Promosi merupakan kegiatan penting dalam memberitahukan kepada calon konsumen tentang produk / jasa anda. Seiring perkembangan teknologi, media promosi saat ini tersedia berbagai macam, semua dapat dimanfaatkan ada yang secara gratis dan ada juga yang berbayar. Metode pembayaran nya pun tersedia beragam ada yang pembayarannya per berapa kali iklan ditayangkan, ada juga berdasarkan kontrak bulanan, tahunan hingga ada yang per berapa kali iklan di-klik atau dilihat oleh calon konsumen.

Jenis iklan pun bisa berbagai macam, bisa secara video, text dan Audio. Masing-masing jenis iklan tersebut disesuaikan dengan media iklan yang akan digunakan.

Berikut ini beberapa media iklan yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan usaha anda

1.       Televisi

Media televisi sangat efektif digunakan untuk menyampaikan promosi dengan iklan visual. Televisi dapat menjangkau sangat banyak orang dalam waktu singkat. Hal-hal yang mempengaruhi efektif atau tidak nya iklan televise adalah dari jenis acara yang disiarkan yang akan berpengaruh dari karakteristik penonton nya. Namun umum nya media televisi termasuk media yang sangat mahal dari segi biaya iklan nya, bahkan biayanya dihitung per detik (durasi iklan)

2.       Radio

Radio merupakan media sangat baik untuk menyampaikan promosi jenis suara. Berbeda dengan televisi yang jangkauan nya luas, Biasa nya radio hanya mampu menjangkau suatu wilayah atau daerah tertentu dan hanya iklan jenis audio. Oleh karena itu biaya nya pun relative lebih murah dibanding televise.

3.       Medsos (Media Sosial)

Media social saat ini menjadi media primadona para pemasang iklan. Bagaimana tidak, saat ini media social seperti facebook, twitter dan Instagram menjadi faforit semua kalangan dalam berbagi dan mencari informasi. Oleh karena itu media ini dinilai sangat efektif dalam menjangkau semua kalangan, biasa nya perhitungan biaya iklan di media social tersebut berdasarkan jumlah target orang yang akan melihat iklan dan wilayah jangkauan nya. Anda bisa mencoba dengan FBAds atau yang lainnya

4.       Baliho

Baliho adalah media iklan yang terpasang di pinggir jalan dengan ukuran besar. Biasanya baliho terletak di tempat-tempat strategis dan sering dikunjungi banyak orang. Baliho dapat digunakan untuk jenis iklan text dan gambar. Biasanya biaya nya tergantung tingkat strategis nya lokasi dan ukuran baliho tersebut. Pembayaran biaya nya biasanya dengan system kontrak per bulan atau per tahun.

5.       Spanduk

Spanduk merupakan media iklan text dan gambar yang dicetak pada kain khusus dan dapat dipasang di tempat-tempat keramaian. Biasanya pemasangan iklan spanduk harus memiliki izin dari pemerintah atau pihak terkait di suatu wilayah atau daerah tertentu.

6.       Street Benner

Street Benner hampir sama dengan spanduk, namun biasanya dengan ukuran jauh lebih kecil dan ditempel / diikat pada lokasi keramaian. Untuk pemasangan street benner juga diharuskan memiliki izin dari pemerintah atau pihak terkait di wilayah tersebut.

7.       Brosur

Brosur atau selebaran merupakan media promosi yang sering digunakan oleh banyak pemilik usaha. Brosur-brosur tersebut berisikan iklan jenis text dan gambar yang dibagikan langsung ke target calon konsumen.

8.       Media Cetak / Surat Kabar

Sejak belum hadirnya media social dan system digital seperti saat ini, surat kabar menjadi salah satu media yang sering digunakan pemilik bisnis dan dianggap sangat efektif dalam menjangkau calon konsumen. Namun setelah hadirnya system digital dan media social surat kabar mulai kurang efektif mengingat kebanyakan orang saat ini lebih sering mengakses media social dan aplikasi berita portal di handphone mereka dibanding mereka membaca surat kabar.

9.       Website berita online

Penyedia berita online kini sangat digandrungi dibanding media cetak seperti surat kabar. Setiap orang dapat meng-update informasi dan berita dari genggaman dan dalam waktu relative lebih cepat. Peluang iklan untuk dapat menjangkau lebih banyak target konsumen lebih besar. Ditambah lagi masing-masing website penyedia berita tersebut memiliki teknologi algoritma untuk menempatkan iklan dan menargetkan nya sesuai dengan jenis iklan dan pembaca nya. Biaya dan system pembayaran nya pun tergantung penyedia berita online masing-masing. Anda bisa mencoba dengan Smart Ads yang dimiliki oleh Detik.com atau silahkan coba dengan media-media lainnya.

        Adwords

Adwords adalah media promosi yang diciptakan oleh google. Nantinya iklan anda akan ditayangkan di sela-sela content web yang sudah menjadi publisher google atau akan ditampilkan pada video-video youtube dari para youtuber. Biaya nya tergantung dari wilayah dan target jangkauan calon konsumen.

 Mengenai media yang mana yang paling cocok untuk usaha anda, perlu anda rincikan terlebihdahulu jenis usaha anda, siapa target pasar anda, apa produk/jasa anda dan seberapa banyak target penerima iklan anda.

 Demikian beberapa media iklan yang dapat anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda, namun perlu diingat bahwa  iklan terbaik adalah iklan yang disampaikan dari mulut ke mulut para konsumen yang sudah merasakan kegunaan, keunggulan produk / jasa anda serta pelayanan yang maksimal yang anda berikan pada konsumen anda.

 Demikian semoga bermanfaat, terimakasih

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post