6 langkah mudah agar sukses bikin design Logo keren untuk bisnis

6 langkah mudah agar sukses bikin design Logo keren untuk

bisnisLogo adalah symbol atau gambar yang berperan untuk memperkuat brand suatu produk di pasaran. Dalam dunia bisnis, logo dapat diibaratkan sebagai wajah yang dapat mewakili gambaran suatu merek, perusahaan dan produk.

Logo akan menjadi akan menjadi hal pertama yang akan diingat konsumen terhadap usaha / bisnis anda. Karena itulah keberadaan logo sangat penting, terlepat dari apapun usaha yang anda jalankan dan tidak perduli besar atau kecil nya bisnis tersebut.

Pembuatan dan design logo tentunya tidak boleh asal jadi, logo harus mampu merepresentasikan merek dan jenis usaha nya. Logo juga akan menjadi identitas suatu merk yang membedakan dengan merek lainnya. Karena itulah logo akan sering digunakan dalam kegiatan memasarkan produk dan promosi nya.

Logo yang baik adalah logo yang mudah mempengaruhi branding suatu produk, mudah dikenali dan diingat oleh banyak orang. Logo juga harus dapat membangun persepsi baik konsumen terhadap produk dan usaha anda secara umum.

Mendesain logo yang menarik membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat atau men-design sebuah logo.

Mencari referensi

Jangan menjiplak logo milik orang lain, namun dalam hal ini yang harus anda laukan adalah mencari referensi logo sebanyak mungkin untuk mendapat inspirasi dalam menciptakan logo anda. Cari tahu sejarah dan filosofi yang terkandung dalam logo-logo milik orang lain tersebut sehingga anda dapat membandingkan dengan usaha dan produk anda untuk menciptakan logo yang baik.

Setiap usaha yang dirintis harus memiliki visi yang jelas kemana arah usaha akan berjalan serta apa saja hal-hal yang akan dilaksanakan. Pahami visi dan latar belakang pendirian usaha anda untuk membantu memudahkan design logo. Selain itu anda juga perlu memahami keunggulan dan karakteristik produk dan usaha anda sehingga logo yang dihasilkan nantinya dapat menunjukkan identitas usaha dn produk anda dengan tepat.

Buatkan sketsa lebih dari satu design sebagai alternative. Dengan demikian anda akan memiliki beberapa pilihan untuk di-explorasi dan mendapatkan gambaran bentuk logo yang mana yang akan anda pilih untuk dikembangkan

Logo dapat di-design berupa rangkaian gambar, huruf atau gabungan antara gambar dan huruf. Anda juga harus sangat berhati-hati dalam pemilihan warna, cari tahu terlebih dahulu makna dan filosofi masing-masing warna dari berbagai sumber di internet. Boleh menggunakan satu warna atau gabungan beberapa warna. Yang terpenting adalah anda harus paham makna dan filosofi masing-masing warna yang anda gunakan.

Logo dapat dibuat dengan se-sederhana mungkin dengan hanya menampilkan gambar (tidak harus menampilkan nama merek dan slogan) anda dapat memperhatikan logo pertamina, facebook, twitter, windows, apple dan lain sebagainya yang hanya sebuah gambar namun penuh makna dan merepresentasi kan bisnis dan produk mereka. Design yang rumit belum tentu mudah diingat dan dikenang, sementara design logo yang sederhana akan mudah masuk ke ingatan orang-orang dan akan mudah diingat

Saat ini sudah sangat banyak aplikasi / software yang dapat anda gunakan untuk membuat logo, mulai dari yang rumit hingga aplikasi sederhana seperti Adobe Photoshop, Corel Draw dan bahkan anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Ms. Word dengan insert shape-nya untuk menghasilkan sebuah logo yang sederhana namun memiliki arti yang baik. Selain itu anda juga dapat menggunakan aplikasi-aplikasi online yang bisa anda akses secara gratis maupun berbayar, silahkan searching di internet.

Demikian materi hari ini, semoga bermanfaat dan silahkan segera design logo terbaik untuk bisnis anda sendiri. Terimakasih

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post