9 Teknik Negosiasi Bisnis anti gagal

Komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan di dunia bisnis. Dengan komunikasi efektif, pemilik bisnis dapat menjadikan usaha yang dijalankan mampu mendapatkan banyak kepercayaan dan deal-deal bisnis dengan client dan kolega bisnis nya.
Berikut ini saya ulas beberapa teknik negosiasi yang dapat anda anda ter dalam menjalankan bisnis dan kerjasama dengan pihak lain.

Apa itu negosiasi?

Negosiasi berasal dari kata dalam bahasa latin yaitu "negotiaari" yang memiliki arti "untuk berdagang" atau "melakukan bisnis". Kata ini berasal dari kata kerja "negare" yang memiliki arti  "untuk menolak" atau "menyangkal" dan juga kata benda "otium" yang berarti "waktu luang".

Secara umum Negosiasi dapat diartikan dua pihak atau lebih yang memiliki maksud dan tujuan yang berbeda mendiskusikan suatu masalah untuk mencapai suatu soluai bersama.

Setiap pihak pasti ingin memenangkan negosiasi,nun negosiasi bisnis yang benar adalah negosiasi yang berhasil mencapai kesepakatan dan solusi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak (win win solution). Artinya tidak ada pohak yang dirugikan dari hasil negosiasi bisnis tersebut.

Hasil negosiasi harus memuaskan semua pihal yang terlibat, dampak nya juga akan dirasakan dalam jangka panjang.

Berikut beberapa teknik negosiasi yang dapat anda terapkan.

1. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan sebelum memulai negosiasi

Persiapan merupakan hal penting pertama yang harus anda lakukan, sebelum memulai negosiasi, persiapakn segala sesuatu yang dibutuhkan untuk negosiasi. Persiapkan fisik mental dan juga data-data yang diperlukan terkait bisnis anda dan juga bisnis pihak lain yang ikut dalam negosiasi.

2. Sabar
Terkadang, negosiasi akam berjalan alot dan butuh waktu lama untuk mencapai kesepakatan. Maka seorang negosiator harus bersabar dan tidak gegabah dalam proses negosiasi.

3. Sampaikan ide, pendapat dan opini dengan sopan, singkat, padat dan jelas

Jangan bertele-tele dalam mengemukakan pendapat anda, usahakan penyampaian anda dalam format singkat, padan namun jelas maksud dan tujuan anda.

4. Dalam proses pembicaraan negosiasi. Anda harus mampu memposisikan diri anda berada di pihak lain. Tujuan nya agar anda dapat memahami apa yang mereka butuh dan inginkan sehingga anda dapat menawarkan kesepakatan yang terbaik.

5. Dengarkan dengan aktif

Mendengar dengan aktif pembicaraan pihak lain serta berusaha memahami itu penting. Dengarkan jangan hanya dengan telinga, namun juga gunakan mata anda untuk dapat memahami isi pembicaraan pihak lain. Karena banyak komunikasi yang disampaikan secara non-verbal.

6. Banyak bertanya pada pihak lain

Umum nya semua pihak yang terlibat dalam negosiasi tidak akan menawarkan apapun kecuali anda meminta nya. Maka anda harus banyak mengajukan pertanyaan untuk mendapatkan informasi detail tentang pihak lain.

7. Perhatikan waktu yang tepat

Penting bagi anda untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk membicarakan atau menyampaikan sesuatu yang tepat. Anda harus jeli dalam hal ini. Anda harus tahu kapan anda dapat menekan pihak lain dan kapan waktu nya anda harus menunggu.

8. Berkomunikasi secara asertif

Apa itu asertif?
Asertif merupakan gaya komunikasi yang melihat, mendengar serta memperhatikan sudut pandang orang/pihak lain dengan hormat.

9.  Pertimbangkan untuk meninggalkan proses negosiasi

Jika anda melihat dan memprediksi bahwa negosiaai tidak akan ada solusi dan hasil yang diharapkan, maka anda patut memilih opsi untuk meninggalkan atau membatalkan proses negosiasi untuk kemudian mencari pihak lain yang menurut anda ada kemungkinan untuk bersepakat.

Demikian Beberapa teknik negosiasi yang dapat anda terapkan dalam melakukan negosiasi bisnis, semoga bermanfaat. Terimakasih




Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post