2 cara gampang banget untuk melakukan video call hingga 8 orang dengan WhatsApp selama harus #dirumahaja

Seiring dengan pandemi virus corona yang belum berakhir, banyak kegiatan dan pekerjaan sehari-hari seluruh warga dunia terpaksa harus dilakukan dari rumah. Tak terkecuali kegiatan berkumpul, belajar mengajar dan meeting yang harus dilakukan bersama-sama dengan labih dari 2 orang (Teleconverence) harus dilakukan dengan memanfaatkan beragam teknologi yang mampu mengakomodir panggilan video secara bersamaan lebih dari 2 orang.

Beragam aplikasi menawarkan fasilitas ini, mulai dari yang gratis hingga berbayar, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dalam memilih aplikasi apa yang akan anda gunakan perlu memperhatikan beberapa alasan berikut ini : 


Tips memilih aplikasi Teleconverence


1. Apakah aplikasi tersebut gratis atau berbayar?

2. Bagaimana dengan boros atau hemat nya kuota data yang dihabiskan?

3. Ini yang paling penting, bagaimana dengan tingkat keamanan aplikasi tersebut dari serangan hacker yang bisa menyusup dan mencuri data anda?

Setidak nya 3 hal tersebut di atas perlu anda selidiki sebelum memutuskan aplikasi apa yang akan anda gunakan untuk melakukan teleconverence.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan video call (panggilan video) dan voice call (panggilan suara) secara teleconverence hingga 8 orang dalam sekali panggilan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Ikuti langkah berikut.

Melakukan Teleconverence (Video Call)

Cara Pertama


1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Pilih contact yang akan anda gabungkan dalam video call

3. Klik icon kamera
Gambar : Icon Kamera dan Icon Telepon

4. Setelah panggilan diterima, klik icon (+) di pojok kanan atas untuk menambah panggilan video hingga maksimal 8 orang bersamaan

Cara kedua


1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih salah satu grup yang anggota grup nya akan anda hubungi via video call

2. Klik pada contact yang akan anda gabungkan dalam satu panggilan video

3. Klik icon camera di sebelah kanan maka teleconverence akan dimulai 
Gambar : Icon Kamera dan Icon Telepon pada Grup WA

Catatan : daftar anggota grup yang dapat anda gabungkan dalam video call hanya anggota grup yang contact nya tersimpan di daftar contact handphone anda. Yang tidak tersimpan, tidak akan ditampilkan dan tidak dapat anda gabungkan ke dalam video call anda.

Melakukan Teleconverence Voice Call (Panggilan Suara)

Cara pertama


1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Pilih contact yang akan anda gabungkan dalam video call

3. Klik icon Telepon

4. Setelah panggilan diterima, klik icon (+) di pojok kanan atas untuk menambah panggilan suara hingga maksimal 8 orang dalam bersamaan

Cara kedua


1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih salah satu grup yang anggota grup nya akan anda hubungi via voice call

2. Klik pada contact yang akan anda gabungkan dalam satu panggilan suara

3. Klik icon telepon di sebelah kanan maka teleconverence akan dimulai

Catatan : daftar anggota grup yang dapat anda gabungkan dalam voice call juga hanya anggota grup yang contact nya tersimpan di daftar contact handphone anda. Yang tidak tersimpan, tidak akan ditampilkan dan tidak dapat anda gabungkan ke dalam video call anda.

Sebelum nya WhatsApp hanya bisa melakukan video call hanya sebanyak 4 orang saja, namun saat ini aplikasi anyar besutan Facebook ini dapat melakukan video call hingga 8 orang sekaligus.

anda harus meng-update aplikasi WhatsApp di perangkat anda untuk dapat melakukan teleconverence dengan aplikasi Whatsapp.

Teleconverence dapat dilakukan baik dengan Aplikasi WhatsApp di Android dan iPhone.
Demikian artikel kali ini, jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan untuk teman-teman yang lain agar bermanfaat juga untuk mereka.
Jika ada kendala atau hal-hal yang ingin didiskusikan, silahkan di kolom komentar. Terimakasih




Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post