Tips dan Trik cara aman berbelanja saat Covid-19 mewabah dan harus #dirumahaja

Walaupun sudah memutuskan untuk #dirumahaja demi kesehatan dan keamanan bersama, namun kadang-kadang ada hal yang mengharuskan anda untuk terpaksa keluar rumah dan bahkan berinteraksi langsung dengan orang lain walaupun harus tetap #jagajarak.







Salahsatu nya adalah berbelanja


Belanja kebutuhan sehari-hari tetap harus anda lakukan selama pandemi Covid-19. Ada resiko memang saat anda berbelanja, karena anda berinteraksi dengan penjual atau pembeli lainnya dan anda akan memegang barang-barang yang akan anda beli tersebut, yang besar kemungkinan sudah pernah dipegang juga oleh pembeli lain yang kita tidak tahu apakah di tertular Covid-19 atau tidak.


Namun anda tidak perlu khawatir berlebihan, Livescience telah menghimpun saran dari para ilmuwan di Centers for Disease Control (CDC) Atlanta dan North Carolina State University (NC State). Berikut saran, tips dan trik dari para ilmuwan tersebut.


Sebelum Belanja




1. sebelum berangkat ke luar rumah, baik menuju pasar, supermarket, atau bahakan apotek dan lain sebagainya, Anda harus memikirkan dan menulis secara detail apa-apa saja yang akan anda beli


2. Jika memungkinkan, coba gunakan aplikasi-aplikasi layanan antar. Belanja dengan layanan antar dapat membantu mengurangi resiko tertular. Minta petugas antar untuk meletakkan barang belanjaan anda di depan pintu pagar rumah anda.


3. Cari tahu kapan saat-saat sepi toko, kios, mini market atau supermarket langganan anda sepi pengunjung. Belanjalah pada jam-jam tersebut.


4. Usahakan pergi berbelanja sendirian, jangan ajak keluarga beramai-ramai apalagi anak-anak. Usahakan anak-anak untuk tetap di rumah.


5. Jika anda punya gejala yang mengarah ke Covid-19, jangan pergi berbelanja. Anda harus tetap di rumah dan minta tolong pada kerabat, saudara atau orang lain untuk berbelanja dan minta mereka menaruh barang belanjaan di depan pintu rumah anda.


Saat Sedang Berbelanja




Jika anda tetap harus keluar untuk berbelanja, ikuti saran-saran berikut.


1. Sebelum masuk toko, pasar, atau dimanapun anda berbelanja pakailah hand sanitizer. Begitu juga setelah keluar dari toko atau pasar dan akan pulang kembali ke rumah


2. Pakailah tisu pembersih untuk membersihkan pegangan troli, alat gesek kartu di kasir dan keranjang belanja.


3. Pakailah masker dengan baik dan benar (jangan hanya diikat di leher)


4. Terapkan social distancing. Jaga jarak anda sekitar 2 meter dari orang lain (termasuk penjual) saat memilih barang dan di melakukan pembayaran kasir


5. Jangan sentuh wajah, hidung, mata dan mulut dengan tangan anda yang belum dicuci.


Sebagai tambahan, jika memungkinkan jemurlah beberapa saat barang belanjaan anda dan uang kembalian dari tempat anda belanja. Karena barang-barang belanjaan dan uang tersebut ada kemungkinan tertempel virus. Dengan menjemur nya +- 20 menit, virus-virus itu (jika ada) besar kemungkinan akan mati.


Demikian semoga bermanfaat, tugas kita adalah berikhtiar semampu kita dan apapun yang dapat kita lakukan untuk tetap sehat dan menjaga diri, keluarga dan orang lain. Allah pasti melihat usaha dan ikhtiar kita dan semoga Allah selalu melindungi kita dari segala macam penyakit-penyait tersebut. Aaamiin


Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan berbagi dengan teman dan saudara-saudara yang lain. Jika berdasarkan pengalaman dan pengetahuan anda ada tips dan trik tambahan selain item-item di atas, silahkan juga ditulis di kolom komentar semoga bermanfaat untuk banyak orang. Terimakasih


Artikel ini dirangkum dari detikinet





Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post