7 Aplikasi untuk Mengajar, Belajar dan Meeting secara Live Converence selama #workfromhome

Belakangan ini ramai-ramai orang menggunakan aplikasi Zoom untuk teleconverence berbagai keperlua, mulai dari sekedar video call, meeting kantor dan bahkan belajar mengajar online.

Namun tersiar kabar bahwa aplikasi Zoom terdapat banyak celah keamanan sehingga privasi pengguna terancam dapat di sadap dan di-hack oleh pihak lain. Belakangan juga diketahui bahwa aplikasi Zoom tidak menggunakan sistem enkripsi end-to-end untuk menjaga kerahasiaan data penggunanya.

Hal ini mulai membuat para pengguna aplikasi Zoom sebelum nya menjadi was-was. Mungkin hal ini tidak menjadi terlalu bermasalah jika anda menggunakan zoom sebatas video call dengan teman-atau saudara dari jarak jauh. Namun lain hal nya jika anda menggunakan nya untuk rapat/meeting teleconverence yang membahas hal-hal strategis suatu lembaga, kantor atau perusahaan, jika ada pihak lain yang dengan sembunyi-sembunyi menyusup ke acara teleconverence anda, hal ini akan menjadi masalah besar karena semua percakapan dan rahasia strategis perusahaan, lembaga atau kantor anda akan diretas.

Namun sebenar nya banyak aplikasi alternatif lain yang bisa anda gunakan untuk tetap menyelenggarakan meeting, video call dan belajar mengajar secara teleconverence. Setidak nya ada 6 aplikasi alternatif yang tingkat keamanan nya “mungkin” lebih terjamin (walau tidak ada jaminan 100%). Mari kita ulas.


1. Whatsapp

Sebenar nya aplikasi Whatsapp (WA) dapat digunakan bukan hanya untuk chatting semata, aplikasi ini juga bisa anda manfaatkan rapat kerja (meeting) secara teleconverence dan diskusi jarak jauh. Hanya saja WA membatasi fitur video call ini maksimal 4 orang. Jadi jika anda hanya akan melakukan teleconverence untuk maksimal 4 orang, bisa menggunakan aplikasi WA di smartphone anda

2. Google Hangsouts Meet

Aplikasi milik Google ini sangat powerfull untuk anda gunakan, anda dapat melakukan teleconverence jarak jauh hingga 250 pengguna sekaligus.


Hebatnya lagi, aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur Google seperti :


a. Mampu menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speec


b. Dapat membuat jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar


Hanya dengan membagikan sebuah code ke orang yang akan anda undang ke meeting, maka orang tersebut dapat dengan mudah bergabung ke dalam meeting dengan memasukkan meeting code yang anda berikan


Aplikasi ini dapat diunduh di palystore untuk android dan untuk iOS silahkan unduh di App Store. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini dengan melalui website www.gsuite.google.co.id

3. Skype

Skype merupakan aplikasi milik Microsoft, dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat melakukan video call dan teleconverence maksimal 25 orang dalam satu panggilan video.

Anda dapat mengakses Skype dengan memanfaatkan beragam perangkat, mulai dari PC / Laptop, smartphone bahkan dengan televisi yang memiliki fasilitas pendukung.

Selain panggilan video jarak jauh, Skype juga punya fasilitas media percakapan berbasis text secara individu dan grup. Aplikasi milik Microsoft ini juga mendukung layanan penggilan suara berbayar ke nomor ponsel dan telepon rumah. Kunjungi www.skype.com untuk mengunduh aplikasi Skype dan mulai online converence anda.


4. Face Time

Facetime merupakan aplikasi milik Apple, dengan demikian dapat dipastikan aplikasi ini hanya dapat dijalankan di semua produk Apple seperti iPhone,iPand dan Pod Touch. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapar melakukan video call hingga 32 oran dalam satu panggilan video.

Aplikasi ini juga dapat menggunakan kamera depan dan belakang bergantian untuk memperlihatkan objek kepada peserta grup teleconverence. Bagi anda yang memiliki perangkat Apple silahkan kunjungi www.apps.apple.com untuk mengunduhnya.

5. Slack

Slack merupakan aplikasi yang juga mampu melakukan video call dan teleconverence. Aplikasi ini juga sering digunakan perusahaan-perusahaan dan tim kerja. Slack juga dapat digunakan untuk berbagi dokumen. Mampu menampung hingga 15 orang dalam sekali panggilan video.


Aplikasi ini juga dapat anda unduh di Play Store untuk android dan App Store untuk Apple

6. Cisco Webex

Seperti nya agak asing mungkin bagi anda dengan aplikasi yang satu ini, namun tahukah anda bahwa aplikasi ini sering digunakan oleh sejumlah perusahaan besar yang masuk dalam daftar Fortune 500.

Cisco Webex mampu menampung hingga 100 peserta dalam sekali panggilan video. Jumlah tersebut juga bervariasi tergantung paket langganan yang anda gunakan.

Berikut fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi Cisco Webex

a. Screen Sharing yang dapat anda gunakan untuk presentasi online

b. Dukungan Google Assistant dan Google Home Hub

c. Papan Virtual yang dapat anda gunakan untuk menggambar seperti di papan tulis

d. Pengunggah / upload dokumen

e. Perekam Percakapan

7. GoToMeeting

Pilihan lain yang layak dicoba adalah aplikasi GoToMeeting. Aplikasi ini mendukung 15 peserta video call di tingkat lowest subscribtion dan 25-125 di level lebih tinggi. GoToMeeting juga mendukung panggilan audio. Kunjungi www.gotomeeting.com dan mulai video converence anda.

Bagi anda pengguna Andoid dapat langsung mengunduh aplikasi ini di Play Store dan bagi pengguna Apple silahkan unduh di App Store.

Demikian artikel informasi teknologi kali ini, semoga bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan teknologi anda.

Jika ada pertanyaan dan hal yang ingin didiskusikan silahkan di kolom komentar

Seperti biasa, jika anda merasa informasi artikel ini bermanfaat silahkan share/bagikan kepada teman-teman anda agar artikel ini juga bermanfaat untuk semua. Terimakasih

Artikel ini merupakan hasil rangkuman penulis dari Kompas.com


Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post