Tutorial ini ada video nya, klik disini untuk menonton nya
Silahkan ganti Untitled Question dengan instruksi anda misalnya “Upload File di sini”
Sebelumnya, saya sudah
memberikan tutorial mengenai Cara Membuat Kelas, Mengelola Kelasserta Menambah Guru dan siswa, Cara memberi informasi, absensi dandiskusi, Cara MasukKelas untuk siswa. Sekarang saya ingin mengajak anda mencoba satu
fitur yang sangat membantu dan memudahkan serta anti ribet dalam
memberi tugas, dan merekap jawabannya hasil dari siswa. Yang pasti
semua dilakukan secara online, simple, pemateri dan siswa tidak ribet
dan satu yang pasti...KEREN :)
Begini
Cara nya
Masuk
ke google classroom (Cara nya ada di sini), kemudian buat kelas (jika
kelas nya belum dibuat) atau langsung masuk ke kelas anda jika kelas
sudah pernah anda buat. Kemudian ikuti langkah berikut.
1.
Klik menu “Tugas Kelas”
2.
Klik tombol “Buat”
3.
Pada pilihan yang
ditampilkan, pilih “Tugas”
4.
Isikan Judul dan petunjuk yang merupakan instruksi untuk siswa dalam
mengerjakan tugas
5.
klik tombol “Tambahkan”
6.
Ada 4 (Empat) pilihan yang diberikan
jika
file yang akan anda lampirkan ada di google drive anda, klik pada
“Google Drive” kemudian pilih file anda
Jika
File yang akan anda lampirkan ada di sebuah website atau blog, klik
pada “Link” kemudian isikan link nya
Gambar : Melampirkan Link Tugas
Jika file yang akan anda
lampirkan ada di perangkat anda, klik pada “File” kemudian cari
dan upload file anda
Jika
file yang akan anda upload merupakan video yang ada di youtube, klik
pada “YouTube” lalu temukan dan pilih video nya lalu klik tombol
“Tambahkan”
Gambar : Melampirkan YouTube
setelah anda menautkan link,
atau upload file, maka file yang anda upload atau anda tautkan akan
muncul di bagian bawah form
Gambar : Tugas Sudah Dilampirkan
Menautkan Tugas Dengan Google
Form untuk media upload file
Sekarang
anda dapat membuat sebuah Formulir untuk sebagai media untuk upload
file jawaban dari siswa. Sangat mudah, begini caranya.
Baca Juga : Hosting dan Domain
Masih
di halaman buat tugas sekarang ikuti langkah berikut :
1.
Klik tombol “Buat” (Tombol yang disamping kanan dari tombol
“Tambahkan”) maka akan ditampilkan beberapa pilihan fasilitas
yang disediakan oleh Google
Gambar : Pilihan Google Form
2. Klik pada pilihan “Formulir”
maka anda akan dialihkan ke halaman Google Form
Gambar : Halaman Pembuatan Google Form
3. Ubah judul form nya
“formulir Tanpa Judul” dengan judul yang anda inginkan. Misalnya
saya mengubahnya menjadi “Formulir Upload Hasil Tugas……….)
4.
Klik pada “form Description” dan ganti dengan deskripsi form yang
anda inginkan, misalnya “Upload File Hasil Tugan Anda Di Sini”
(boleh juga dikosongkan)
4.
Klik pada kolom
“Multiple Choice”, maka akan ditampilkan beragam pilihan seperti
berikut
Gambar : Pilihan Jenis Google Form
5. Klik pada pilihan “File
Upload”
Google : Hasil Pembuatan Google Form
6.
Klik “Continue” maka
akan tampil form berikut
Gambar: Pengaturan Form
Beberapa Pengaturan dan file
protection pada Google Form
Baca Juga : Cara Praktis Beli Domain Untuk Website
Silahkan ganti Untitled Question dengan instruksi anda misalnya “Upload File di sini”
Pada
form tersebut, anda dapat melakukan dan menetapkan beberapa peraturan
agar siswa tidak sembarangan mengupload file yang salah
1.
Klik (aktifkan)
Toggle “Allow Only Spesific File Types”, maka akan ditampilkan
pilihan file yang dapat diupload oleh siswa
Gambar : Pilihan File yang diizinkan
2. Klik pada type file yang
anda izinkan untuk di-upload oleh siswa
Document
: Untuk type file Ms. Word, LibreOffice Writer dan sejenisnya
Spreadsheet
: untuk type file Ms. Excell dan sejenisnya
PDF
: Untuk Type File PDF dan sejenisnya
Video
: Untuk type file Video dengan extention avi, mp4 dan sejenisnya
Presentation
: Untuk type file Ms. Powerpoint dan sejenisnya
Drawing
: Untuk type file Drawing dan sejenisnya
Image
: Untuk type file gambar dengan extention jpg, jpeg, gif, png dan
sejenisnya
Audio
: untuk type file suara dengan extention mp3, wav dan sejenisnya
3.
Klik dan checklist pada type file yang anda izinkan, dengan demikian,
siswa tidak dapat meng-upload type file yang lain selain yang anda
izikan
Anda
juga dapat membatasi berapa file yang boleh diupload oleh siswa, cara
nya, Pada
kolom isian “Maximum
Number of Files” klik
dan pilih jumlah file maksimal. Pilihan nya 1, 5 dan 10.
Untuk
membatasi ukuran file yang diupload, klik pada kolom pilihan “Maximum
File Size” dan pilih ukuran maksimal file yang boleh diupload mulai
dari 1 MB, 10 MB, 100MB, 1 GB hingga 10 GB. Pilih kira-kira sesuai
besaran file yang akan di-upload oleh siswa. Jika ukuran file
maksimal yang anda izinkan lebih kecil dari file yang di-upload oleh
siswa, maka file tersebut tidak dapat diupload.
Anda
juga dapat memproteksi agar siswa tidak dapat meng-upload tanpa ada
file yang dipilih, caranya klik (aktifkan) Toggle “Required” (di
pojok kanan bawah). Dengan demikian tidak dapat meng-upload form
kosong
Pengaturan
Google Form
Ada
beberapa pengaturan umum yang adapat anda terapkan pada google form
ini, cara nya :
1.
Klik pada icon setting di pojok kanan atas (di samping kiri tombol
“Send”) maka akan
tampil form setting berikut
Gambar : Setting Form
Jika
anda klik dan checklist pada “Collect email addresses” dan
“Response receipts” maka setiap file yang diupload oleh siswa
akan dikirimkan juga ke email mereka masing-masing (jangan checklist
jika anda tidak menghendaki file yang di-upload dikirim ke email
siswa).
Pada
bagian “Requires Sign in” jika anda klik dan checklist “Limit
to 1 Response” maka masing-masing siswa hanya dapat meng-upload
file 1 (satu) kali saja. (Jangan Checklist jika
anda mengizinkan siswa menguploaf file lebih dari 1 (satu) kali.
Pada
bagian ‘Responden Can:” Klik dan checklist pada “Edit after
submit” jika anda mengizinkan siswa untuk mengedit kembali file
yang sudah mereka upload, namun jangan checklist pilihan ini jika
anda tidak mengizikan nya
Jika
anda mengizinkan siswa untuk dapat melihat grafik dan file jawaban
siswa lain, klik dan checklist pada “See Summary Charts and Text
Responses. Jika tidak mengizinkan maka jangan checklist pilihan ini
Jika
anda mengizinkan lebih dari 1 (Satu) file yang dapat di-upload oleh
siswa, anda dapat menentukan ukuran total file yang di-upload dengan
cara klik pada pilihan Maximum size of all files uploaded pilihan nya
yaitu 1 GB, 10 GB, 100GB hingga 1 TB
Jika
semua sudah anda setting dengan benar sesuai yang anda butuhkan,
jangan lupa klik “Save” untuk menyimpan pengaturan anda
Anda
sudah selesai membuat form untuk media upload file hasil tugas untuk
siswa.
Melihat Google Form yang
sudah dibuat
Jika
anda ingin melihat hasil form yang sudah anda buat begini caranya
1.
masih pada form pembuatan Google Form, klik tombol “Send” di
sebelah kanan atas
2.
Pada group Send Via : Klik Icon “Link”
3.
Klik dan checklist pada “Shorten URL untuk mempersingkat link nya
4.
Clik Tombol “Copy”
5.
Buka Internet Browser anda kemudian paste link tadi ke addressbar nya
lalu tekan “Enter”
di keyboard
Gambar : Hasil Google Form Untuk Siswa
Distribusi Tugas
Sekarang
saat nya tugas tersebut anda distribusikan ke siswa
Sekarang,
kembali ke halaman “Tugas” pada kelas online anda di google
classroom
Tentukan
dulu pengaturan tugas nya
Gambar : Pengaturan Distribusi Tugas
Pada bagian “Untuk”,
lakukan pengaturan seperti pada tutorial yang sudah saya buatsebelumnya.
Jika
anda ingin memberi nilai tugas tersebut, tentukan nilai maksimalnya misalnya 100, atau klik
dan pilih “Tidak Dinilai” jika anda tidak akan memberi nilai
untuk tugas tersebut.
Jika
and akan menentukan batas waktu pengiriman hasil tugas, klik pada
pilihan kolom “Tenggat” dan
tentukan tanggal dan jam batas akhir pengiriman hasil tugas.
Gambar : Batas Waktu Upload Hasil Tugas
SELAMAT, anda sudah berhasil
membuat tugas, sekarang untuk mendistribusikan tugas tersebut ke
siswa, klik tombol “Tugaskan”, maka tugas tersebut bersamaan
dengan google form yang telah anda buat akan didistribusikan kepada
semua siswa kelas yang anda pilih.
Sebenarnya
anda boleh memberi pilihan kepada siswa untuk meng-upload file via
Google Classroom atau via Google
Form namun ada kelebihan dan kekurangan dalam hal kemudahan bagi anda
sebagai pemateri dalam merekap dan menilai hasil tugas siswa.
Kelebihan
dan keurangannya akan saya bahas pada postingan berikutnya
Demikian
untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu
jika
ada kendala atau hal-hal yang ingin ditanyakan silahakn di kolom
komentar
Jika
anda merasa artikel ini bermanfaat dan membantu, silahkan share untuk
membagikan artikel ini ke teman-teman lain semoga bermanfaat juga
untuk mereka. Terimakasih
Bersambung : Cara rekap dan memberi nilai hasil tugas siswa
Mau dibuatkan Website?
Klik Gambar
👇👇
Tags
kelas online
Kenapa yang ak google form nya lama sekali ngrim ? Berjam2 tapi akhirnya masih engga terkirim²
ReplyDelete