Kerreen....Begini cara mudah memberi tugas dan sinkronisasi dengan google form pada Google Classroom

Tutorial ini ada video nya, klik disini untuk menonton nya


Sebelumnya, saya sudah memberikan tutorial mengenai Cara Membuat Kelas, Mengelola Kelasserta Menambah Guru dan siswa, Cara memberi informasi, absensi dandiskusi, Cara MasukKelas untuk siswa. Sekarang saya ingin mengajak anda mencoba satu fitur yang sangat membantu dan memudahkan serta anti ribet dalam memberi tugas, dan merekap jawabannya hasil dari siswa. Yang pasti semua dilakukan secara online, simple, pemateri dan siswa tidak ribet dan satu yang pasti...KEREN :)

Begini Cara nya

Masuk ke google classroom (Cara nya ada di sini), kemudian buat kelas (jika kelas nya belum dibuat) atau langsung masuk ke kelas anda jika kelas sudah pernah anda buat. Kemudian ikuti langkah berikut.

1. Klik menu “Tugas Kelas”

2. Klik tombol “Buat”

3. Pada pilihan yang ditampilkan, pilih “Tugas”

4. Isikan Judul dan petunjuk yang merupakan instruksi untuk siswa dalam mengerjakan tugas

5. klik tombol “Tambahkan”

6. Ada 4 (Empat) pilihan yang diberikan

jika file yang akan anda lampirkan ada di google drive anda, klik pada “Google Drive” kemudian pilih file anda

Jika File yang akan anda lampirkan ada di sebuah website atau blog, klik pada “Link” kemudian isikan link nya


Gambar : Melampirkan Link Tugas

Jika file yang akan anda lampirkan ada di perangkat anda, klik pada “File” kemudian cari dan upload file anda

Jika file yang akan anda upload merupakan video yang ada di youtube, klik pada “YouTube” lalu temukan dan pilih video nya lalu klik tombol “Tambahkan”
Gambar : Melampirkan YouTube

setelah anda menautkan link, atau upload file, maka file yang anda upload atau anda tautkan akan muncul di bagian bawah form

Gambar : Tugas Sudah Dilampirkan

Menautkan Tugas Dengan Google Form untuk media upload file

Sekarang anda dapat membuat sebuah Formulir untuk sebagai media untuk upload file jawaban dari siswa. Sangat mudah, begini caranya.

Baca Juga : Hosting dan Domain

Masih di halaman buat tugas sekarang ikuti langkah berikut :

1. Klik tombol “Buat” (Tombol yang disamping kanan dari tombol “Tambahkan”) maka akan ditampilkan beberapa pilihan fasilitas yang disediakan oleh Google

Gambar : Pilihan Google Form

2. Klik pada pilihan “Formulir” maka anda akan dialihkan ke halaman Google Form
Gambar : Halaman Pembuatan Google Form

3. Ubah judul form nya “formulir Tanpa Judul” dengan judul yang anda inginkan. Misalnya saya mengubahnya menjadi “Formulir Upload Hasil Tugas……….)

4. Klik pada “form Description” dan ganti dengan deskripsi form yang anda inginkan, misalnya “Upload File Hasil Tugan Anda Di Sini” (boleh juga dikosongkan)

4. Klik pada kolom “Multiple Choice”, maka akan ditampilkan beragam pilihan seperti berikut
Gambar : Pilihan Jenis Google Form

5. Klik pada pilihan “File Upload”
Google : Hasil Pembuatan Google Form

6. Klik “Continue” maka akan tampil form berikut

Gambar: Pengaturan Form

Beberapa Pengaturan dan file protection pada Google Form


Silahkan ganti Untitled Question dengan instruksi anda misalnya “Upload File di sini”

Pada form tersebut, anda dapat melakukan dan menetapkan beberapa peraturan agar siswa tidak sembarangan mengupload file yang salah

1. Klik (aktifkan) Toggle “Allow Only Spesific File Types”, maka akan ditampilkan pilihan file yang dapat diupload oleh siswa

Gambar : Pilihan File yang diizinkan

2. Klik pada type file yang anda izinkan untuk di-upload oleh siswa

Document : Untuk type file Ms. Word, LibreOffice Writer dan sejenisnya

Spreadsheet : untuk type file Ms. Excell dan sejenisnya

PDF : Untuk Type File PDF dan sejenisnya

Video : Untuk type file Video dengan extention avi, mp4 dan sejenisnya

Presentation : Untuk type file Ms. Powerpoint dan sejenisnya

Drawing : Untuk type file Drawing dan sejenisnya

Image : Untuk type file gambar dengan extention jpg, jpeg, gif, png dan sejenisnya

Audio : untuk type file suara dengan extention mp3, wav dan sejenisnya

3. Klik dan checklist pada type file yang anda izinkan, dengan demikian, siswa tidak dapat meng-upload type file yang lain selain yang anda izikan

Anda juga dapat membatasi berapa file yang boleh diupload oleh siswa, cara nya, Pada kolom isian “Maximum Number of Files” klik dan pilih jumlah file maksimal. Pilihan nya 1, 5 dan 10.

Untuk membatasi ukuran file yang diupload, klik pada kolom pilihan “Maximum File Size” dan pilih ukuran maksimal file yang boleh diupload mulai dari 1 MB, 10 MB, 100MB, 1 GB hingga 10 GB. Pilih kira-kira sesuai besaran file yang akan di-upload oleh siswa. Jika ukuran file maksimal yang anda izinkan lebih kecil dari file yang di-upload oleh siswa, maka file tersebut tidak dapat diupload.

Anda juga dapat memproteksi agar siswa tidak dapat meng-upload tanpa ada file yang dipilih, caranya klik (aktifkan) Toggle “Required” (di pojok kanan bawah). Dengan demikian tidak dapat meng-upload form kosong

Pengaturan Google Form

Ada beberapa pengaturan umum yang adapat anda terapkan pada google form ini, cara nya :

1. Klik pada icon setting di pojok kanan atas (di samping kiri tombol “Send”) maka akan tampil form setting berikut

Gambar : Setting Form

Jika anda klik dan checklist pada “Collect email addresses” dan “Response receipts” maka setiap file yang diupload oleh siswa akan dikirimkan juga ke email mereka masing-masing (jangan checklist jika anda tidak menghendaki file yang di-upload dikirim ke email siswa).

Pada bagian “Requires Sign in” jika anda klik dan checklist “Limit to 1 Response” maka masing-masing siswa hanya dapat meng-upload file 1 (satu) kali saja. (Jangan Checklist jika anda mengizinkan siswa menguploaf file lebih dari 1 (satu) kali.

Pada bagian ‘Responden Can:” Klik dan checklist pada “Edit after submit” jika anda mengizinkan siswa untuk mengedit kembali file yang sudah mereka upload, namun jangan checklist pilihan ini jika anda tidak mengizikan nya

Jika anda mengizinkan siswa untuk dapat melihat grafik dan file jawaban siswa lain, klik dan checklist pada “See Summary Charts and Text Responses. Jika tidak mengizinkan maka jangan checklist pilihan ini

Jika anda mengizinkan lebih dari 1 (Satu) file yang dapat di-upload oleh siswa, anda dapat menentukan ukuran total file yang di-upload dengan cara klik pada pilihan Maximum size of all files uploaded pilihan nya yaitu 1 GB, 10 GB, 100GB hingga 1 TB

Jika semua sudah anda setting dengan benar sesuai yang anda butuhkan, jangan lupa klik “Save” untuk menyimpan pengaturan anda

Anda sudah selesai membuat form untuk media upload file hasil tugas untuk siswa.

Melihat Google Form yang sudah dibuat

Jika anda ingin melihat hasil form yang sudah anda buat begini caranya

1. masih pada form pembuatan Google Form, klik tombol “Send” di sebelah kanan atas

2. Pada group Send Via : Klik Icon “Link”

3. Klik dan checklist pada “Shorten URL untuk mempersingkat link nya

4. Clik Tombol “Copy”

5. Buka Internet Browser anda kemudian paste link tadi ke addressbar nya lalu tekan “Enter” di keyboard
Gambar : Hasil Google Form Untuk Siswa

Distribusi Tugas


Sekarang saat nya tugas tersebut anda distribusikan ke siswa

Sekarang, kembali ke halaman “Tugas” pada kelas online anda di google classroom

Tentukan dulu pengaturan tugas nya

Gambar : Pengaturan Distribusi Tugas


Pada bagian “Untuk”, lakukan pengaturan seperti pada tutorial yang sudah saya buatsebelumnya.

Jika anda ingin memberi nilai tugas tersebut, tentukan nilai maksimalnya misalnya 100, atau klik dan pilih “Tidak Dinilai” jika anda tidak akan memberi nilai untuk tugas tersebut.

Jika and akan menentukan batas waktu pengiriman hasil tugas, klik pada pilihan kolom “Tenggat” dan tentukan tanggal dan jam batas akhir pengiriman hasil tugas.

Gambar : Batas Waktu Upload Hasil Tugas

SELAMAT, anda sudah berhasil membuat tugas, sekarang untuk mendistribusikan tugas tersebut ke siswa, klik tombol “Tugaskan”, maka tugas tersebut bersamaan dengan google form yang telah anda buat akan didistribusikan kepada semua siswa kelas yang anda pilih.

Sebenarnya anda boleh memberi pilihan kepada siswa untuk meng-upload file via Google Classroom atau via Google Form namun ada kelebihan dan kekurangan dalam hal kemudahan bagi anda sebagai pemateri dalam merekap dan menilai hasil tugas siswa.

Kelebihan dan keurangannya akan saya bahas pada postingan berikutnya
Demikian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu

jika ada kendala atau hal-hal yang ingin ditanyakan silahakn di kolom komentar

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat dan membantu, silahkan share untuk membagikan artikel ini ke teman-teman lain semoga bermanfaat juga untuk mereka. Terimakasih


Artikel di atas ada video nya lo, klik disini untuk video selengkapnya



Mau dibuatkan Website?
Klik Gambar

👇👇

Website Instan

1 Comments

Tuliskan Komentar anda di sini

  1. Kenapa yang ak google form nya lama sekali ngrim ? Berjam2 tapi akhirnya masih engga terkirim²

    ReplyDelete
Previous Post Next Post