Mengenal Cell pada Ms. Excell


Menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan tabel dan perhitungan, sangat mudah jika anda menggunakan Ms. Excell. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang dasar Ms. Excell yaitu mengenal Cell.

Saya anggap di computer anda sudah terinstal Ms. Excell, dalam hal ini saya menggunakan Ms. Excell 2013, jika anda menggunakan versi yang berbeda silahkan disesuaikan karena biasanya antara versi yang satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda.

Buka aplikasi Ms. Excell, maka akan ditampilkan gambar berikut :





 Jika anda menggunakan versi 2013, maka tampilan yang pertama ditampilkan seperti gambar di atas, ini merupakan tampilan tema yang dapat anda pilih sesuai dengan dokumen yang akan anda buat, jika tidak ada tema yang akan anda pilih, dan karena kita sedang belajar, maka sekarang pilih dan klik Blank Workbook.

Maka akan ditampilan area kerja aplikasi Ms. Excell seperti berikut :




Secara umum kita dapat melihat garis-garis di area kerja nya, di sana ada A,B,C,D, dst dan 1,2,3,4,dst. Namun anda tidak perlu bingung dengan garis-garis tersebut karena justru garis-garis itu berfungsi untuk memudahkan pekerjaan anda nantinya.

Baiklah mari kita mulai mengenal apa fungsi dari garis-garis itu.

Setiap area yang dibatasi oleh garis tersebut disebut dengan “Cell”. Mengenal Cell merupakan syarat mutlak untuk dapat bekerja dengan Ms. Excell.

Anda wajib mengetahui di cell mana anda sedang aktif, hal ini untuk menentukan dimana text atau formula yang akan ditampilkan.

Setiap cell memiliki kolom dan baris, A,B,C,D, dst itu disebut dengan kolom, sedangkan 1,2,3,4,dst disebut dengan baris, jadi, setiap cell pasti memiliki keduanya.

Dimanapun anda sedang aktif, di pojok kiri atas akan ditampilkan di cell mana anda sedang aktif, misalnya cell B2 seperti ditunjukkan pada gambar berikut :



Atau sell C4 seperti gambar berikut :
Merubah ukuran cell

Setelah mengenal cell sekarang kita mempelajari lebih jauh tentang cell itu sendiri, yuk lanjutkan membacanya

Setiap cell dapat anda ubah ukuran panjang dan lebarnya sesuai kebutuhan, untuk merubah ukuran cell ikuti langkah berikut :

1.       Merubah lebar cell

Untuk merubah lebar cell, tunjukkan pada garis disamping inisial kolom, hingga kursor berubah seperti panah kiri-kanan, lalu klik tahan pada garis kolom cell tersebut, misalnya anda akan menrubah lebar cell C4 seperti gambar berikut :






 Kemudian dengan tanpa dilepas klik nya, geser perlahan hingga mencapai lebar yang anda inginkan, maka cell C4 akan lebar sesuai yang anda inginkan, silahkan dicoba dengan cell yang lain.


2.       Merubah Tinggi cell

Untuk merubah tingi Cell, tunjukkan kursor pada garis bawah dari inisial baris, misalnya anda ingin merubah tinggi cell C4, maka bawa kursor ke garis bawah angka 4, lalu perlahan Tarik ke bawah hingga mencapai tinggi cell yang anda inginkan, seperti gambar berikut :




  

Demikian materi pengenalan cell kali ini, semoga dapat diaplikasikan dan dicoba pada cell-cell yang lain sehingga saat nanti materi lanjutan tentang cell ini, anda tidak kebingungan lagi.


Setelah ini insyaAllah saya akan membahas materi “Format cell” maka ikuti terus blog saya hingga anda menjadi mahir.








Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post