Cara Sortir / Filter Data pada Ms. Excell

Saat kita bekerja dengan data dan tabel pada Ms. Excel, sering kita diharuskan untuk menyusun (mengurutkan) atau menyortir (filter) data tersebut sesuai abjad, hal ini terkadang harus dilakukan untuk memudahkan menemukan data yang diinginkan
pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyortir data yang telah kita isi pada Ms. Excel, berikut caranya :

1. Siapkan data yang akan diurutkan/filter


2. Blok semua Data yang akan disortir


3. Pada menu 'DATA" pada group "Sort & Filter" pilih dan klik menu "Sort"


4. Karena kita akan menyortir data berdasarkan abjad nama anggota, maka pilih "Nama Anggota" pada textbox "Sort By"


5. pada textbox "Sort On" pilih Values karena kita akan menyortir isi dari kolom nama anggota. Di sini kita tidak hanya dapat menyortir berdasarkan isi dari kolom saja, namun dapat juga menyortir data berdasarkan warna cell (pilih cell color) atau berdasarkan warna font (pilih font color)


6. Pada Textbox Order, pilih A to Z jika akan menyortir nama anggota secara Ascending (mulai dari abjad A dan berakhir dengan abjad Z) atau pilih Z to A jika akan menyortir nama anggota secara Descending( mulai dari Z dan berakhir dengan abjad A)


7. jika sudah selesai, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini (Sortir berdasarkan A to Z (Ascending)


Data diurutkan (difilter) berdasarkan Nama Anggota dari abjad A to Z (Ascending)

Demikian tutorial cara sortir / filter data pada Ms. Excell, semoga bermanfaat

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post