Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Sering kali kita bingung pada saat membuat daftar isi dari sebuah dokumen yang sudah kita buat. Kita diharuskan teliti dalam melihat judul, sub judul dan halamannya. Yang lebih membingungkan dan lebih menghabiskan waktu adalah ketika daftar isi selesai kita buat secara manual dan menghabiskan banyak waktu serta tenaga, ternyata ada bagian judul atau sub judul dari dokumen kita yang perlu diubah, baik itu text nya ataupun posisi halamannya, maka kita diharuskan lebih detail lagi mengubah daftar isi sehingga sesuai dengan halaman pada dokumen.

Namun untuk masalah tersebut kini ada solusinya, dengan membuat daftar isi secara otomatis, tanpa ribet dan lebih hemat waktu. Membuat daftar isi secara otomati pada Ms. Word sangatlah mudah, ikuti langkah berikut.
siapkan sebuah file yang terdiri dari bebrapa halaman, misalnya 5 atau 10 halaman (dalam hal ini saya hanya memberi dokumen sebagai contoh) kosongkan halaman pertama karena akan kita gunakan sebagai daftar isi.


Usahakan dokumen anda terdiri dari judul dan subjudul sehingga mudah kita membedakan pada saat membuat daftar isi nantinya.

Kemudian blog semua text yang kita angap sebagai judul


Kemudian pada menu "Home", pada grup menu "Style" pilih dan klik "Heading 1", kita akan melihat semua text judul yang kita blok sebelumnya berubah style nya, namun jangan panik karena nanti masih bisa kita edit lagi, sekarang lakukan langkah berikut nya

Blok semua text yang kita anggap sebagai sub judul



Lalu pilih pada group menu Style pilih dan klik "Heading 2'


Kini saat nya kita membuat Daftar isi

Pastikan kursor terletak di halaman pertama (halaman yang akan kita tempatkan daftar isi).
Klik menu "References" kemudian pilih dan klik menu "Table of Contents"


Pilih pilihan yang pertama (automatic table 1)
Maka hasilnya akan seperti di bawah ini (Sesuai dengan dokumen anda)


Selanjutnya, setiap ada perubahan pada judul maupun sub judul, maka kita diharuskan klik "Update Table" yang berada di kiri atas daftar isi. sehingga penambahan judul atau sub judul, perubahan text, atau perubahan posisi halaman akan diikuti secara otomatis oleh daftar isi

Mengedit Heading
Setelah judul dan sub judul kita jadikan heading, maka secara otomatis bentuk font, warna, ukuran dan posisinya akan berubah. jika kita tidak menghendaki perubahan itu, kita masih dapat melakukan pengeditan pada heading nya, ikuti langkah berikut

Klik kanan pada heading 1 untuk mengedit judul atau heading 2 untuk mengedit sub judul lalu klik "Modify"
maka akan tampil form berikut




Lalu silahkan lakukan perubahan warna, font tataletak dan lain-lain, sehingga semua text yang menjadi header 1 atau header 2 akan berubah semua.

Demikian tutorial cara membuat daftar isi otomatis di Ms. Word.
Semoga Bermanfaat

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post