Terapkan 5 konsep ini dalam menentukan harga, karena Harga Bukan Sekedar Harga, Tapi Harga adalah Value/Nilai

Sebagian orang mengeluh bahwa produk mereka susah laku padahal ditawarkan dengan harga murah. Sementara di saat bersamaan Sebagian lainnya bahkan mampu mejual produk/jasa yang sama dengan harga tinggi. Kenapa kok bisa begitu ya?

 Pada artikel kali ini mari kita pelajari bagaimana menjual produk / jasa dengan harga pantas dan bahkan lebih mahal.

 Namun sebelum nya kita perlu tahu terlebih dahulu, bahwa setiap orang membeli produk/jasa dengan alasan utama nya adalah karena mereka butuh dan mengharapkan produk/jasa tersebut mampu memenuhi kebutuhan mereka dan mengatasi masalah mereka, selain alasan pendukung lainnya.

 Maka yang perlu anda lakukan agar produk yang anda tawarkan laku dengan harga wajar atau bahkan lebih mahal dengan cara memberitahukan value / nilai yang akan calon pembeli dapatkan dengan membayar sebesar harga yang anda tawarkan.

 Dalam menginformasikan value yang akan didapatkan calon pembeli, dapat anda terapkan konsep 5W + 1H. apa itu, mari kita pelajari satu persatu.

1.      What (Apa)

Gunakan kata kunci “Apa” misalnya untuk menjelaskan apa produk / jasa yang akan mereka beli?, Apa Manfaat produk / jasa tersebut untuk mereka?, Apa beda nya produk / jasa yang anda tawarkan dengan produk / jasa sejenis lainnya?, Apa Kelebihan produk / jasa anda?. Silahkan anda tambahkan sendiri value lainnya dengan kata What ini.

2.      Where (Dimana)

Gunakan kata kunci “Dimana” misalnya dimana mereka dapat memperoleh produk yang anda tawarkan, dimana mereka bisa claim garansi? Dan lain lain

 3.      Why (Mengapa)

Gunakan kata kunci “Mengapa” misalnya mengapa mereka harus membeli produk / jasa anda?, mengapa mereka harus membayar seharga yang anda tawarkan? Dan lain lain

 4.      Who (Siapa)

Gunakan kata kunci “Siapa” misalnya siapa yang dapat mereka temui jika mereka mengalami masalah dengan produk / jasa yang anda tawarkan?. Siapa yang akan bertanggungjawab jika produk / jasa yang akan mereka beli tidak sesuai dengan deskripsi yang anda berikan atau kulitas nya tidak sesuai dengan harga yang mereka bayarkan? Dan lain-lain

 5.      How (Bagaimana)

Gunakan kata kunci “Bagaimana” misalnya bagaimana kemudahan metode dan skema pembayaran yang anda berikan? Dan lain-lain

 Masih bingung? Mari kita simak contoh nya

 Misalnya saya akan menjual kepada anda sebuah rumah

Saya tawarkan harga 3,5M.

Sebuah rumah harga 3,5M murah atau mahal?

95 % anda akan mengatakan “Waah mahal kali”

5% akan memilih “Wait and See” menunggu penjelasan anda dan bertanya kenapa informasi lebih lanjut.

 Bisa dipastikan 95% sebelum nya akan mundur teratur

 Jadi jika anda hanya menawarkan produk dan harga, anda hanya akan memperoleh 5% calon pembeli yang mau bertanya-tanya lagi dan menunggu penjelasan anda. Dan jika anda tidak mampu menjelaskan value dan menjawab pertanyaan mereka dengan baik. Maka calon pembeli anda menjadi 0%. Lantas apa yang anda harap kan dari 0% tersebut. Maka hasil nya rumah anda tidak akan laku.

 Tapi lain hal nya jika saat anda menawarkan computer langsung memberitahukan apa nilai / value yang akan mereka dapatkan dengan membayar 3M. Misal value nya sebagai berikut :

dengan menggunakan konsep 5W + 1H, j


elaskan bahwa dengan membayar seharga tersebut mereka akan mendapatkan sebuah rumah 2 lantai. Luas bangunan 650m2,luas tanah 527m2 Kamar tidur 6, kamar mandi 5 fasilitas car port, Garasi, sertifikat SHM, Lokasi strategis di tengah kota, dekat alun-alun, Cuma 50 meter dengan Mesjid sehingga bisa shalat jamaah lima waktudan lain sebagai nya. Itu lah value/nilai yang akan didapatkan dengan mereka membayar 3,5 M tersebut. Dengan memberikan value demikian, besar kemungkinan mereka yang sudah punya simpanan uang seharga tersebut sulit untuk menolak tawaran anda.

 Begitu juga dengan produk/jasa lainnya, silahkan dicoba

 Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, silahkan share ke teman-teman lainnya dan terimakasih

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post