Sebagian orang mengeluh bahwa produk mereka
susah laku padahal ditawarkan dengan harga murah. Sementara di saat bersamaan Sebagian
lainnya bahkan mampu mejual produk/jasa yang sama dengan harga tinggi. Kenapa
kok bisa begitu ya?
Pada artikel kali ini mari kita pelajari
bagaimana menjual produk / jasa dengan harga pantas dan bahkan lebih mahal.
Namun sebelum nya kita perlu tahu terlebih
dahulu, bahwa setiap orang membeli produk/jasa dengan alasan utama nya adalah
karena mereka butuh dan mengharapkan produk/jasa tersebut mampu memenuhi
kebutuhan mereka dan mengatasi masalah mereka, selain alasan pendukung lainnya.
Maka yang perlu anda lakukan agar produk yang
anda tawarkan laku dengan harga wajar atau bahkan lebih mahal dengan cara memberitahukan
value / nilai yang akan calon pembeli dapatkan dengan membayar sebesar harga
yang anda tawarkan.
Dalam menginformasikan value yang akan
didapatkan calon pembeli, dapat anda terapkan konsep 5W + 1H. apa itu, mari
kita pelajari satu persatu.
1. What (Apa)
Gunakan kata kunci “Apa” misalnya
untuk menjelaskan apa produk / jasa yang akan mereka beli?, Apa Manfaat produk
/ jasa tersebut untuk mereka?, Apa beda nya produk / jasa yang anda tawarkan
dengan produk / jasa sejenis lainnya?, Apa Kelebihan produk / jasa anda?. Silahkan
anda tambahkan sendiri value lainnya dengan kata What ini.
2. Where (Dimana)
Gunakan kata kunci “Dimana” misalnya dimana
mereka dapat memperoleh produk yang anda tawarkan, dimana mereka bisa claim
garansi? Dan lain lain
3. Why (Mengapa)
Gunakan kata kunci “Mengapa” misalnya mengapa
mereka harus membeli produk / jasa anda?, mengapa mereka harus membayar seharga
yang anda tawarkan? Dan lain lain
4. Who (Siapa)
Gunakan kata kunci “Siapa” misalnya siapa yang
dapat mereka temui jika mereka mengalami masalah dengan produk / jasa yang anda
tawarkan?. Siapa yang akan bertanggungjawab jika produk / jasa yang akan mereka
beli tidak sesuai dengan deskripsi yang anda berikan atau kulitas nya tidak
sesuai dengan harga yang mereka bayarkan? Dan lain-lain
5. How (Bagaimana)
Gunakan kata kunci “Bagaimana” misalnya
bagaimana kemudahan metode dan skema pembayaran yang anda berikan? Dan lain-lain
Masih bingung? Mari kita simak contoh nya
Misalnya saya akan menjual kepada anda sebuah rumah
Saya tawarkan harga 3,5M.
Sebuah rumah harga 3,5M murah atau mahal?
95 % anda akan mengatakan “Waah mahal kali”
5%
akan memilih “Wait and See” menunggu penjelasan anda dan bertanya kenapa informasi
lebih lanjut.
Bisa dipastikan 95% sebelum nya akan mundur
teratur
Jadi jika anda hanya menawarkan produk dan harga,
anda hanya akan memperoleh 5% calon pembeli yang mau bertanya-tanya lagi dan
menunggu penjelasan anda. Dan jika anda tidak mampu menjelaskan value dan
menjawab pertanyaan mereka dengan baik. Maka calon pembeli anda menjadi 0%. Lantas
apa yang anda harap kan dari 0% tersebut. Maka hasil nya rumah anda tidak akan
laku.
Tapi lain hal nya jika saat anda menawarkan computer
langsung memberitahukan apa nilai / value yang akan mereka dapatkan dengan
membayar 3M. Misal value nya sebagai berikut :
dengan menggunakan konsep 5W + 1H, j
elaskan bahwa dengan membayar seharga tersebut
mereka akan mendapatkan sebuah rumah 2 lantai. Luas bangunan 650m2,luas tanah
527m2 Kamar tidur 6, kamar mandi 5 fasilitas car port, Garasi, sertifikat SHM,
Lokasi strategis di tengah kota, dekat alun-alun, Cuma 50 meter dengan Mesjid
sehingga bisa shalat jamaah lima waktudan lain sebagai nya. Itu lah value/nilai
yang akan didapatkan dengan mereka membayar 3,5 M tersebut. Dengan memberikan
value demikian, besar kemungkinan mereka yang sudah punya simpanan uang seharga
tersebut sulit untuk menolak tawaran anda.
Begitu juga dengan produk/jasa lainnya,
silahkan dicoba
Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat,
silahkan share ke teman-teman lainnya dan terimakasih