Pemahaman Detail Tentang Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Setiap bisnis yang dibangun tentu tidak dapat terlepas dari kegiatan Marketing (Pemasaran). Tingkat penjualan produk / jasa yang anda jual sangat ditentukan oleh keberhasilan strategi marketing yang diterapkan.

Dalam menjalankan dan menentukan straegi marketing, terdapat suatu konsep yang sangat penting dan berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Menurut Kotler dan Amstrong, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing yang digunakan perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Namun dalam konteks sederhana Marketing Mix merupakan bauran konsep-konsep yang saling berkaitan, yang perlu anda terapkan dan jalankan demi keberhasilan pencapaian target penjualan. Ada 7 (Tujuh) konsep dalam Marketing Mix atau yang lebih dikenal dengan istilah “7P” Lantas apa saja konsep 7P tersebut?. Berikut uraian nya.

1. Product (Produk / Jasa)
Yang dimaksud di sini adalah produk / jasa apa yang anda tawarkan. Hal yang sangat penting adalah anda harus tahu betul apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, sehingga produk / jasa yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan

2. Price (Harga)
Penetapan harga jual harus diperhitungkan secara matang, bukan hanya dari segi berapa keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan, namun yang lebih penting adalah anda harus memperhitungkan apakah harga tersebut terjangkau oleh pelanggan di daerah target pemasaran atau tidak. Terjangkau atau tidak nya harga jual, bergantung daya beli masyarakat di suatu daerah. Melakukan survey kemampuan daya beli masyarakat perlu dilakukan untuk menentukan harga jual yang sesuai, terjangkau dan memberi keuntungan.

3. Place (Tempat)
Anda harus benar-benar tahu dimana target pasar anda, berada di daerah mana dan dimana mereka sering menghabiskan waktu dan uang untuk berbelanja keperluan mereka sehari-hari. Dalam Marketing Mix, mengetahui dengan tepat untuk menempatkan produk di tempat yang banyak dikunjungi oleh target pelanggan anda.

Tempat yang dimaksud di sini bisa berupa offline atau juga online bahkan anda juga dapat melakukan direc selling langsung ke target pelanggan. Jika penjualan dilakukan secara online pun harus diketahui dengan tepat dimana target pelanggan anda sering menghabiskan waktu untuk bersosialmedia, membaca berita atau berbelanja online, baik berupa medsos, aplikasi jual beli hingga website dan marketplace

4. Promotion (Promosi)
Promosi merupakan hal yang tidak bisa lepas dari pemasaran. Proses promosi merupakan proses mengenalkan produk / jasa kepada target pelanggan. Promosi sangat perlu dilakukan karena tidak mungkin produk / jasa anda bisa laku jika target pelanggan anda tidak mengetahui tentang keberadaan produk / jasa anda tersebut. Dalam hal ini, anda harus menentukan bagaimana cara nya agar target pelanggan anda dapat menerima informasi dengan baik dan benar tentang produk / jasa anda. Anda juga harus mampu mengetahui seperti apa gaya promosi dan komunikasi yang disukai oleh target pelanggan anda.

5. People (Sumber Daya Manusia)
SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan komponen penting dalam suatu bisnis / usaha, bagaimana tidak, tidak mungkin bisnis anda akan berjalan dan dapat memproduksi produk / jasa jika tanpa SDM yang baik.

SDM sangat berperan penting dalam memajukan bisnis anda. SDM juga mewakili nilai dan citra bisnis anda. Sehingga rasa nyaman dan loyalitas pelanggan terhadap pelayanan, produk dan jasa yang anda tawarkan sangat bergantung pada kualitas SDM bisnis anda.

6. Process (Proses)
Proses mencakup setiap rangkaian kegiatan mulai dari produksi penyaluran hingga sampainya barang / jasa kepada pelanggan. Proses juga mencakup pelayanan yang diberikan hingga proses transaksi penjualan dengan pelanggan.

Anda harus memastikan bahwa pelanggan bisnis anda mendapatkan pengalaman yang nyaman, menyenangkan dan memuaskan dari setiap proses hingga barang mereka terima dengan baik. Survey kepuasan pelanggan juga perlu anda lakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan pelanggan anda terhadap produk / jasa dan pelayanan bisnis anda.

7. Physical Evidence (Bukti Fisik Perusahaan)
Bukti Fisik Perusahaan yang dimaksud di sini adalah, bagaimana Bisnis anda mampu memberikan rasa Trus (Percaya) terhadap bisnis anda, karena tidak ada transksi tanpa rasa percaya. Setiap pelanggan yang membeli produk / jasa anda pasti tidak mau tertipu, mereka ingin mengetahui bahwa bisnis anda benar-benar ada, baik berupa kantor, website resmi, surat-surat izin usaha hingga legalitas dari lembaga penjamin.

Demikian unsur 7P yang terangkum dalam Marketing Mix yang mutlak harus anda terapkan dalam bisnis. Jika sinergitas dari ke-7P tersebut anda abaikan, maka target penjualan anda akan sulit tercapat. Karena penjualan terjadi bukan hanya karena anda pinter menjual, tetapi tergantung bagaimana anda menciptakan produk / jasa yang tepat, dibutuhkan, terjangkau, dan bisnis yang dipercaya oleh target pelanggan anda

Demikian materi kali ini, semoga dapat dipahami

Terimakasih

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post