Setiap bisnis yang dibangun
tentu tidak dapat terlepas dari kegiatan Marketing (Pemasaran).
Tingkat penjualan produk / jasa yang
anda jual sangat
ditentukan oleh keberhasilan strategi marketing yang diterapkan.
Dalam
menjalankan dan menentukan straegi marketing, terdapat suatu konsep
yang sangat penting dan berpengaruh terhadap tingkat penjualan.
Menurut Kotler dan
Amstrong, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing
yang digunakan perusahaan untuk mengejar target penjualan yang
diinginkan. Namun dalam konteks sederhana Marketing
Mix merupakan bauran konsep-konsep yang saling berkaitan, yang perlu
anda terapkan
dan jalankan demi
keberhasilan pencapaian target penjualan. Ada 7 (Tujuh) konsep dalam
Marketing Mix atau yang lebih dikenal dengan istilah “7P” Lantas
apa saja konsep 7P tersebut?. Berikut uraian nya.
1.
Product (Produk / Jasa)
Yang
dimaksud di sini adalah produk / jasa apa yang anda
tawarkan. Hal yang
sangat penting adalah anda
harus tahu betul apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, sehingga
produk / jasa yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan yang
dibutuhkan oleh pelanggan
2.
Price (Harga)
Penetapan
harga jual harus diperhitungkan secara matang, bukan hanya dari segi
berapa keuntungan yang akan diperoleh dari penjualan, namun yang
lebih penting adalah anda
harus memperhitungkan apakah harga tersebut terjangkau oleh pelanggan
di daerah target pemasaran atau tidak. Terjangkau atau tidak nya
harga jual, bergantung daya beli masyarakat di suatu daerah.
Melakukan survey kemampuan daya beli masyarakat perlu dilakukan untuk
menentukan harga jual yang sesuai, terjangkau dan memberi keuntungan.
3.
Place (Tempat)
Anda
harus benar-benar tahu dimana target pasar anda, berada di daerah
mana dan dimana mereka sering menghabiskan waktu dan uang untuk
berbelanja keperluan mereka sehari-hari. Dalam Marketing Mix,
mengetahui dengan tepat untuk menempatkan produk di tempat yang
banyak dikunjungi oleh target pelanggan anda.
Tempat
yang dimaksud di sini bisa berupa offline atau juga online bahkan
anda juga dapat melakukan direc selling langsung ke target pelanggan.
Jika penjualan dilakukan secara online pun harus diketahui dengan
tepat dimana target pelanggan anda sering menghabiskan waktu untuk
bersosialmedia, membaca berita atau berbelanja online, baik berupa
medsos, aplikasi jual beli hingga website dan marketplace
4.
Promotion (Promosi)
Promosi
merupakan hal yang tidak bisa lepas dari pemasaran. Proses promosi
merupakan proses mengenalkan produk / jasa kepada target pelanggan.
Promosi sangat perlu dilakukan karena tidak mungkin produk / jasa
anda bisa laku jika target pelanggan anda tidak mengetahui tentang
keberadaan produk / jasa anda tersebut. Dalam
hal ini, anda harus menentukan bagaimana cara nya agar target
pelanggan anda dapat menerima informasi dengan baik dan benar tentang
produk / jasa anda. Anda juga harus mampu mengetahui seperti apa gaya
promosi dan komunikasi yang disukai oleh target pelanggan anda.
5.
People (Sumber Daya Manusia)
SDM
(Sumber Daya Manusia) merupakan komponen penting dalam suatu bisnis /
usaha, bagaimana tidak, tidak mungkin bisnis anda akan berjalan dan
dapat memproduksi produk / jasa jika tanpa SDM yang baik.
SDM
sangat berperan penting dalam memajukan bisnis anda. SDM juga
mewakili nilai dan citra bisnis anda. Sehingga rasa nyaman dan
loyalitas pelanggan terhadap pelayanan, produk dan jasa yang anda
tawarkan sangat bergantung pada kualitas SDM bisnis anda.
6.
Process (Proses)
Proses
mencakup setiap rangkaian kegiatan mulai dari produksi penyaluran
hingga sampainya barang / jasa kepada pelanggan. Proses juga mencakup
pelayanan yang diberikan hingga proses transaksi penjualan dengan
pelanggan.
Anda
harus memastikan bahwa pelanggan bisnis anda mendapatkan pengalaman
yang nyaman, menyenangkan dan memuaskan dari setiap proses hingga
barang mereka terima dengan baik. Survey kepuasan pelanggan juga
perlu anda lakukan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan
pelanggan anda terhadap produk / jasa dan pelayanan bisnis anda.
7.
Physical Evidence (Bukti Fisik Perusahaan)
Bukti
Fisik Perusahaan yang dimaksud di sini adalah, bagaimana Bisnis anda
mampu memberikan rasa Trus (Percaya) terhadap bisnis anda, karena
tidak ada transksi tanpa rasa percaya. Setiap pelanggan yang membeli
produk / jasa anda pasti tidak mau tertipu, mereka ingin mengetahui
bahwa bisnis anda benar-benar ada, baik berupa kantor, website resmi,
surat-surat izin usaha hingga legalitas dari lembaga penjamin.
Demikian
unsur 7P yang terangkum dalam Marketing Mix yang mutlak harus anda
terapkan dalam bisnis. Jika sinergitas dari ke-7P tersebut anda
abaikan, maka target penjualan anda akan sulit tercapat. Karena
penjualan terjadi bukan hanya karena anda pinter menjual, tetapi
tergantung bagaimana anda menciptakan produk / jasa yang tepat,
dibutuhkan, terjangkau, dan bisnis yang dipercaya oleh target
pelanggan anda
Demikian
materi kali ini, semoga dapat dipahami
Terimakasih