Mudah...Begini cara membuat format currency Rupiah (RP) pada Excell

Saat bekerja dengan Ms. Excell, kita sering diharuskan menginput data angka berupa currency (jumlah mata uang) dalam Rupiah (Rp). Hal ini tidak menjadi masalah jika data yang diinput tidak ada proses penjumlahan menggunakan rumus excell. karena anda bisa saja mengetik nya secara manual.

Namun lain hal nya jika pada tabel data yang diinput mengharuskan anda untuk menggunakan rumus-rumus untuk menjumlahkan data jumlah uang dalam Rupiah (Rp). Jika anda tetap menulis Rp dalam cell yang akan dijumlahkan, maka hasil penjumlahan akan error dan tidak dapat menampilkan hasil yang benar. Karena rumus penjumlahan tidak dapat menjumlahkan cell yang isi nya mengandung huruf (a, b, c) melainkan harus dalam bentuk angka (1, 2,3).

Namun dalam hal ini anda tidak perlu panik, sebenarnya di excell ada cara mengatasi masalah ini, ikuti langkah berikut :



1. Buka aplikasi Ms. Excell

2. Buat tabel dan masukkan data keuangan anda, sebagai contoh, saya menggunakan data seperti gambar berikut

3. Pada kolom jumlah yang akan diisi dengan angka, masukkan jumlah nya tanpa titik atau koma misalnya : 1000000, 2000000 (jangan diketik 1.000.000, 2,000,000 atau Rp 1.000.000) cukup ketik angka nya saja, karena jika anda mengetik dengan titik, koma dan Rp, maka cell tersebut tidak dapat dijumlahkan otomatis dengan rumus nantinya


seperti pada gambar berikut



Gambar : Tabel Jumlah Gaji yang belum diformat


4. Block semua cell yang berisi jumlah yang akan ditampilkan (Rp)


5. Klik kanan pada kolom yang telah diblock lalu pilih dan klik "Format Cells"


6. Pada form Format Cells, pada bagian kategori pilih dan klik "Currency"



Gambar : Form Format Cells

7. Pastikan aktif di menu "Number". Pada kolom "Decimal Places" isikan jumlah angka dibelakang koma sesuai keinginan anda, isikan "0" jika tidak ingin menampilkan angka desimal

8. Klik pada kolom "Symbol" yang secara otomatis menampilkan mata uang Dolar ($)

9. Cari - Pilih dan Klik "Rp Indonesian"

Gambar : Pilih Symbol Rp Indonesian

10. Pada kolom "Negative Numbers" pilih salah satu format angka jika angka pada cell merupakan angka negativ

11. Klik Tombol "OK" maka angka pada cell yang dipilih akan ditampilkan dalam format currency dan matauang Rupiah (Rp)

Demikian tutorial cara membuat format currency Rupiah (Rp). Semoga bermanfaat dan dapat membantu pekerjaan anda. Jangan ragu untuk menulis di kolom komentar di bawah artikel ini jika ada kendala dan pertanyaan. Terimakasih.


Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post