Cara gampang Pesan Tiket Pesawat Sekali Jalan di website Traveloka


Berikut langkah – langkah mudah dan detail yang perlu anda ikuti untuk memesan tiket pesawat sekali jalan di Website Traveloka :

1. Buka website Traveloka www.traveloka.com maka tampilan awal traveloka akan ditampilkan

Gambar : Tampilan awal website Traveloka (Tampilan bisa berubah-ubah sesuai perubahan yang dilakukan oleh pihak Traveloka)

2. Untuk memudahkan, jika anda kurang nyaman dengan bahasa inggris, anda dapat mengubah ke bahasa indonesia dengan cara klik menu “IDR” atau menu yang ada icon bendera negara di kanan atas kemudian pada daftar country and language yang ditampilkan pilih dan klik “Indonesia (Bahasa Indonesia)”. Dan pastikan pada kolom “Currency” terpilih pada IDR untuk ditampilkan semua harga dalam Rupiah.



3. Klik tombol “Done” di pojok kanan bawah dari daftar yang ditampilkan

Gambar : Tampilan Website Traveloka dengan daftar pilihan kota asal dan bahasa

Maka tampilan website akan berubah ke bahasa Indonesia

Gambar : Tampilan Website Traveloka dalam bahasa Indonesia

4. Pada deretan menu di sebelah kiri, pilih dan klik menu “Tiket Pesawat” lalu pilih lagi “Tiket Pesawat” pada sub menu yang ditampilkan.

5. Pastikan radio button aktif pada “Sekali Jalan / Pulang Pergi”

6. Klik pada kolom “Kota Asal” lalu ketikkan kota asal dari mana anda akan berangkat

7. Klik pada kolom “Kota Tujuan” lalu ketikkan kota kemana tujuan anda

Gambar : Form Pencarian Tiket Penerbangan

8. Klik pada kolom “Jumlah Penumpang” lalu tentukan jumlah penumpang dewasa, anak-anak dan bayi dengan cara klik tombol “+” untuk menambah jumlah penumpang dan tombol “-” untuk mengurangi jumlah penumpang

9. Lalu klik tombol “Done” Jika sudah selesai
Gambar : Pengaturan jumlah penumpang

10. Klik kolom Tanggal Pergi untuk memilih tanggal kapan anda akan berangkat

11. Pastikan “Tanggal Pulang” tidak tercentang jika anda hanya akan memesan tiket sekali jalan (tidak merencanakan perjalanan pulang – pergi). jika anda ingin memesan tiket pulang pergi sekaligus, ikuti tutorial berikut : anti ribet, begini cara gampang pesan tiket pesawat pulang pergi di website Traveloka

12. Pilih Kelas Penerbangan (Economy, Premium Economy, Business, First Class) Ingat Masing-masing kelas penerbangan tersebut menyajikan fasilitas dan pelayanan serta harga tiket yang berbeda.
Gambar : Pilihan Kelas Penerbangan

12. Pilih Fleksibilitas Tiket (Reguler dan Fleksibilitas Tinggi) secara otomatis pilihan Reguler tercentang dan ini tidak dapat diubah-ubah. Reguler Maksudnya pilihan tiket yang akan ditampilkan nantinya hanya tiket dengan banyak kebijakan dan aturan jika nantinya anda melakukan reschedul dan pembatalan tiket. Sedangkan Fleksibilitas Tinggi maksudnya anda tidak akan dikenakan terlalu banyak aturan jika nanti melakukan pembatalan tiket atau mereschedule tiket dan bahkan dengan denda rendah. Pilihan fleksibilitas tinggu bisa anda centang atau tidak, sesuai dengan pilihan anda.
Gambar : Pilihan Fleksibilitas Tiket

13. Klik Tombol Cari Tiket di pojok kanan bawah

Gambar : Hasil Pencarian Tiket Penerbangan

Secara otomatis akan diurutkan berdasarkan harga tiket termurah, harga tiket yang ditampilkan merupakan harga per orang



14. Klik “Detail Penerbangan” untuk melihat informasi lengkap tentang penerbangan yang akan dipilih.

Gambar : Form Detail Informasi Penerbangan

Di sini anda dapat melihat Jam Berangkat, Lama Penerbangan, Jam Tiba ke tujuan, Jenis Pesawat, tata Kursi, dan bagasi kabin

15. Klik tombol “Pilih” untuk melanjutkan pemesanan tiket yang dipilih maka form rincian tiket akan ditampilkan

Gambar : Form Rincian Tiket Penerbangan

Pada kolom “Rincian Harga” ditampilkan total harga sesuai jumlah penumpang yang dipilih saat pencarian, Bagasi yang dibeli serta Total Harga yang harus anda bayar.

16. Klik Tombol “Lanjutkan ke Pemesanan” maka form data pemesanan dan data penumpang ditampilkan dan harus anda isi sesuai dengan data yang valid (Jangan pernah memberi data asal-asalan dan tidak valid)


Gambar : Form data pemesanan dan data penumpang

17. Kemudian anda akan disajikan beragam fasilitas-fasilitas tambahan yang sifatnya fleksibel, klik link ini untukdetail pembahasan tentang fasilitas tambahan. Namun pada artikel ini kita fokus dengan tiket penerbangan standar tanpa mengambil fasilitas tambahan

Gambar : Form Rincian Harga

18. Klik tombol “Lanjutkan Pembayaran” maka akan ditampilkan form pilihan metode pembayaran yang dapat anda pilih


Gambar : Form Pilihan Pembayaran
Kode unik adalah angka khusus yang ditambahkan ke dalam total harga yang harus dibayar untuk memudahkan konfirmasi pembayaran secara otomatis oleh sistem.

19. Klik Tombol “Bayar Dengan ….(Sesuai Pilihan Metode Pembayaran anda pilih) maka akan ditampilkan form petunjuk pembayaran



20. Lakukan Pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang anda pilih dan sesuai instruksi pembayaran yang diberikan. INGAT….Bayarlah sesuai dengan digit yang ditampilkan, termasuk 3 digit kode unik agar pembayaran anda mudah diverifikasi dan diproses secara otomatis

21. Jika sudah membayar sesuai harga yang ditampilkan, maka Tike anda yang berupa E-Ticket akan dikirimkan ke email anda.

22. Cek Email anda secara berkala hingga anda dapat memastikan bahwa anda telah menerima ticket sesuai dengan yang anda pesan

23. Pemesanan Tiket penerbangan selesai, tinggal menunggu waktu penerbangan anda dan….Enjoy it…

24. Jika ada kendala, Klik tombol “Perlu Bantuan?” di pojok kanan bawah

Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda, silahkan tanya di kolom komentar jika ada yang ingin anda tanyakan, jangan sungkan.

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post