Cara Membuat Tabel dengan Microsoft Office Word 2013

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang cara membuat table di Microsoft Office Word 2013.


Ikuti langkah berikut :


1. Buka Ms. Word 2013, maka anda akan melihat tempilan berikut

2. Klik menu “insert”, lalu klik “table”, maka akan muncul panel “insert table” seperti gambar berikut :




3. Geser pointer mouse anda kea rah panel “insert table” dan tentukan jumlah baris dan kolom sesuai data yang akan dibuat, table akan otomatis terlihat di lembar kerja ms.word sesuai dengan baris dan kolom yang anda pilih dengan menggeser pointer mouse di panel “insert table”. Jika sudah oke, klik sekali. Maka table sudah tercipta.


Memasukkan Data ke Tabel

1. Sekarang anda sudah dapat menginput data ke table yang telah anda buat, namun sebelumnya anda harus terlebihdahulu menentukan field (Header) untuk setiap kolom, misalnya seperti berikut :



4. Untuk memindahkan kursor (untuk mengetik pada setiap baris dan kolom), anda dapat menggunakan tombol “TAB” di keyboard atau dengan menggeser dan klik mouse pada kolom dan baris yang anda inginkan, atau anda juga dapat menggunakan tombol panah kiri-kanan-atas-bawah di keyboard.

Menggabung cell (Merger Cell)

Kadang kala kita perlu menggabungkan cell yang satu dengan cell yang lainnya maka, ikuti langkah berikut :

1. Blok cell yang akan digabung

2. Klik kanan pada cell yang sudah diblok tadi, lalu pilih dan klik “Merge Cells” maka cell yang diblok tadi akan tergabung menjadi satu.

Di menu “Design” anda juga dapat memilih style table yang anda inginkan, klik menu design lalu ke grup menu “table style”. Di sini anda dapat meilih style table yang anda inginkan.

Untuk pilihan style lainnya, klik panah kecil ke bawah yang berada di sebelah kanan grup table style, maka akan ditampilkan banyak style table yang dapat anda gunakan.

Untuk mengatur posisi teks nya, sama seperti anda mengetik biasa, blok text atau cell yang akan diedit posisinya, lalu klik menu “Home” lalu di grup menu paragraph, anda dapat memilih Align left untuk rata kiri, center untuk tengah, Align right untuk posisi rata kanan dan justify untuk rata kiri kanan.

Untuk mengatur ukuran lebar dan tinggi sebuah cell, anda dapat menggeser mouse pada border baris atau kolom yang akan digeser, usahakan hingga muncul bentuk pointer seperti panah ke atas dan bawah untuk mengatur tinggi dan gambar pointer berubah menjadi panah kiri-kanan untuk mengatur lebar. Lalu klik tahan dan geser ke kiri-kanan atau atas-bawah untuk mengatur lebar dan tinggi cell.

Namun masalah baru muncul, text kelihatan berada di atas cell, jika ingin menentukan agar posisi teks benar-benar pas berada di tengah, lakukan langkah berikut :

1. Blok text atau cell yang akan diletakkan textnya di tengah

2. Lalu klik kanan pada cell yang diblok tadi lalu pilih dan klik “table Properties” maka akan muncul form berikut :

3. Pilih tab menu “Cell” di sana ada pilihan Top, Center, Buttom, saya yakin anda sudah paham ketiga pilihan ini lalu silahkan klik salah satu sesuai yang anda inginkan. Maka hasilnya text yang anda blok tadi akan bergeser posisinya sesuai pilihan yang anda pilih.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post