Yuk Lacak Virus Corona dengan Aplikasi PeduliLindungi


Beberapa waktu lalu, Menkominfo Johnny G Plate mengumumkan bahwa pemerintah dalam melacak pasien positif corona akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kini aplikasi tersebut sudah dapat diunduh dan digunakan oleh pengguna Android.

Silahkan kunjungi www.pedulilindungi.id untuk mendapatkan link mengunduh nya. Atau aplikasi ini juga dapat diunduh langsung di Google Play. Buka Google Play (Play Store) kemudian di pencarian ketikkan “pedulilindungi” maka aplikasi nya akan ditampilkan dan langsung dapat didownload.

PeduliLindungi sebagai aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Selain melindungi pasien positif, aplikasi ini juga melindungi PDP, ODP dan masyarakat sekitar.



Partisipasi masyarakat menjadi andalan aplikasi untuk membagikan data lokasi nya saat bepegian. Agar dapat dilakukan penelusuran dengan pasien positif Virus Corona.

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan aplikasi yang digunakan oleh pemerintah Singapura yaitu TraceTogether yang memanfaatkan koneksi Bluetooth. Jika ada perangkat lain yang dalam radius jangkauan bluetooth (+-10m) yang juga terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran ID Anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Kemudian, Aplikasi PeduliLindungi ini kemudian akan melakukan identifikasi setiap orang yang pernah melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang yang sudah dinyatakan positif COVID-19, PDP dan juga ODP. Riwayat yang dianalisis dari pasien positif tersebut adalah 14 hari ke belakang sejak orang tersebut dinyatakan positif terjangkit corona.

Di situ www.pedulilindungi.id dinyatakan bahwa aplikasi ini menjamin kerahasiaan data pribadi pengguna, setiap data akan dienkripsi dan tidak akan dibagikan / disebarkan ke pihak lain. Data pribadi pengguna juga hanya akan diakses jika pengguna tersebut berada dalam keadaan beresiko terinfeksi virus corona dan harus segera dihubungi oleh petugas kesehatan.


Jika artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda, silahkan share / bagikan kepada teman-teman anda lainnya semoga bermanfaat juga untuk mereka.

Informasi ini dirangkum dari Detikinet

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post