Waspada….Muncul Malware Corona yang dapat menginfeksi HP dan Komputer


Para Hacker mulai memanfaatkan wabah virus corona untuk melancarkan aksi nya, tim keamanan kaspersky melaporkan adanya malware yang bersembunyi di balik file video, dokumen dan PDF tentang cara pencegahan virus corona yang dikirim ke email. Bentuk malware ini berupa lampiran yang apabila dibuka akan menginfeksi HP Smartphone dan Komputer.

Jika HP atau komputer sudah terinfeksi, maka hacker mampu memblokir, menyalin atau bahkan mengubah data pada HP atau komputer hingga mampu mencuri data dari folder pengguna.

Menurut Anton Ivanov, analis malware kasperskyseperti dilansir dari Gadget 360, virus coronal sedang hangat dibahas sehingga dimanfaatkan oleh hacker sebagai umpan. Sejauh ini kami sudah menemukan 10 file yang mengandung mallware.
Masih menurut Ivanov, aksi hacker memanfaatkan topi-topik populer memang sering terjadi, karena saat ini sedang merebaknya virus corona, ivanov meyakini akan semakin banyak malware yang tersembunyi di dalam file-file dokumen palsu.

Untuk itu, Ivanov mengingatkan untk berhati-hati jika menerima email atau link terkait virus corona dan jangan sembarangan menyebarkannya atau mem-forward ke orang lain.
Ivanov juga menganjurkan untuk mengambil referensi dari sumber resmi nya seperti WHO, lembaga atau organisasi kesehatan dan yang tak kalah penting untuk selalu mempelajari ektensi file lampiran yang mencurigakan.
Lihat extensi file yang diunduh, dokumen dan file video seharus nya tidak ada dalam format .exe atau .lnk. Demikian menurut Ivanov.


Kesimpulan

Jangan mudah percaya pada file-file yang bermodus memberi informasi tentang virus corona, waspada, ada kemungkinan file tersebut merupakan file virus yang dapat mencuri data-data penting pada perangkat anda

Jika ada pertanyaan atau hal yang akan didiskusikan, silahkan melalui kolom komentar

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post