Proposal Usaha / Business Plan (Pengertian dan Fungsi)


Setelah menemukan ide bisnis dan men-design bisnis model canvas untuk ide tersebut. Saat nya anda mulai membuat Proposal Bisnis / Business Plan yang ditujukan kepada Investor. Lantas apa yang dimaksud dengan Proposal Usaha? Serta bagaimana cara menyusun nya dengan baik dan benar? Ikuti penjelasan berikut.

Setidak nya ada 3 (Tiga) yang penting untuk diuraikan pada proposal usaha anda agar investor percaya dan yakin dengan prospek bisnis anda ke depan.

1. Judul Usaha
Usaha Kerajinan dari Rotan dengan inovasi-inovasi terbaru dan trendy

2. Kesan Rapi
Patikan proposal anda dibuat dan disusun dengan serapi mungkin dan menarik untuk dibaca, tunjukkan bahwa anda professional dan serius dengan rencana bisnis anda.

3. Beri Kesan Bisnis Siap Untuk Dijalankan
Anda harus memberikan kesan bahwa rencana bisnis anda bukan sekedar rencana, namun memang sudah siap untuk dijalankan. Uraikan sedetail mungkin tentang rencana bisnis anda seperti bentuk produk, kemasan, logo usaha, lokasi usaha dan lain sebagainya. Yakinkan investor bahwa anda tidak punya kendala lain untuk menjalankan bisnis kecuali masalah dana untuk modal.


Pengertian Proposal Usaha


Proposal Usaha merupakan sebuah uraian rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen dengan terstruktur dan rapi yang isinya menjelaskan detail tentang rencana usaha yang akan dijalankan.

Proposan usaha juga digunakan untuk mengetahui arah dan tujuan anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Segalanya harus direncanakan dan diprediksi terlebih dahulu agar anda dapat menghadapi beragam permasalahan yang timbul saat bisnis sudah dijalankan.

Fungsi Proposal Usaha


Proposal usaha memiliki peran penting dalam perumusan kesuksesan sebuah usaha ke depan. Berikut ini beberapa fungsi proposal usaha antara lain :

1. Memberi gambaran kepada pemilik usaha tentang kewajibannya sebagai pemilik dan yang menjalankan usaha tersebut

2. Dapat membandingkan perkiraan / prediksi dengan hasil di lapangan

3. Membantu pemilik usaha untuk berpikir kritis dalam menjalankan bidang usaha tersebut

4. Dapat digunakan untuk membantu mempermudah perizinan tempat usaha

5. Menjadi media komunikasi dalam menyampaikan gagasan dan ide usaha kepada pihak lain terutama investor.

6. Membuktikan dana yang masuk dengan sumber yang jelas, rinci dan teliti

Kesimpulan


Proposal Usaha sangat penting untuk disusun karena jika anda tidak memiliki proposal usaha, sangat susah untuk mengajak pihak lain untuk bekerjasama terutama investor, sangat sulit bagi anda untuk memberikan gambaran detail dan meyakinkan jika anda tidak memiliki proposal usaha

Post a Comment

Tuliskan Komentar anda di sini

Previous Post Next Post